Belum Siap, Dua KK Urung Berangkat Transmigrasi ke Sulawesi

PURWOREJO – Rencana Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk memberangkatkan warga Kota Pasuruan untuk mengikuti dua keluarga tahun ini urung terlaksana. Pasalnya, calon transmigran enggan diberangkatkan ke daerah tujuan transmigrasi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pasuruan, Mahbub Effendi mengungkapkan, awalnya Disnaker akan memberangkatkan 2 kepala keluarga (KK) asal Kota Pasuruan. Kedua transmigran ini akan menuju Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Namun, dua KK ini menolak untuk diikutkan transmigrasi ke Kabupaten Muna. Mereka beralasan daerah tujuan transmigrasi sulit air. Karena itu, kedua KK ini meminta keberangkatan mereka untuk transmigrasi ditunda.

“Kedua KK ini sebenarnya bersedia untuk ikut transmigrasi. Cuma, mereka menolak karena Kabupaten Muna diketahui daerah yang kering,” katanya.

Mahbub menjelaskan, pihaknya sudah menghubungi pemerintah pusat terkait pembatalan transmigrasi ini. Ia pun belum mengetahui nantinya pembatalan ini akan mempengaruhi kuota yang didapatkan oleh Kota Pasuruan tahun depan.

“Kami tidak bisa memaksa yang bersangkutan untuk mengikuti transmigrasi. Yang jelas, kami sudah menjelaskan apa-apa yang mereka dapatkan selama di daerah tujuan,” terang Mahbub. (riz/fun)