Bakal Ajukan Dana untuk Perawatan Alun-alun Bangil di Perubahan APBD

GEMERLAP MALAM: Suasana di alun-alun Bangil saat malam hari. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan bakal menyiapkan dana untuk perawatan ruang terbuka hijau di Bangil ini. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan berencana untuk mengajukan dana puluhan juta di P-APBD 2018. Dana tersebut untuk penanganan dan perawatan alun-alun Bangil.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Muchaimin menguraikan, pengajuan anggaran tersebut salah satunya untuk membuat nyala dua air mancur di pojokan alun-alun Bangil. Keduanya tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, lantaran masalah kelistrikan.

“Kami butuh kelistrikan yang lebih tinggi untuk menyalakan dua air mancur di Alun-alun Bangil. Setidaknya mencapai 30 ribu watt,” ungkap Muchaimin.

Selain itu, kebutuhan lainnya berkaitan dengan keberadaan sumur bor. Menurutnya, penyiraman taman di kawasan alun-alun Bangil, sulit dilakukan lantaran tidak adanya sumber air yang mencukupi.

Untuk penyiraman, kecenderungan diambilkan dari sungai. Padahal, langkah itu dinilainya kurang praktis dan efisien. “Makanya, kami membutuhkan sumur bor bisa direalisasikan di Alun-alun Bangil. Supaya memudahkan, saat dilakukan penyiraman,” sambungnya.

Rencananya, penanganan kelistrikan dan pembangunan sumur bor itu akan direalisasikan di P-APBD. Pihaknya membutuhkan setidaknya Rp 60 juta untuk merealisasikan rencana tersebut. (one/fun)