Timbunan Sampah di Jalur Menuju Wisata Tretes Berserakan dan Bikin Kotor

PANDAAN – Para pengendara yang kerap melintasi jalur wisata menuju Tretes, pasti akan merasa tak nyaman. Sebab, ada beberapa titik di tepi jalan di jalur Pandaan-Prigen, yang kotor akan sampah.

Lokasi itu salah satunya ada di perbatasan antara Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan dengan Desa Ketanireng, Kecamatan Prigen. Disana terdapat tumpukan sampah di tepi jalan. Pantauan media ini dilapangan, jumlahnya tak sedikit.

Keberadaan tumpukan sampah tersebut dikeluhkan para pengguna jalan yang melintas. Tak terkecuali warga sekitar, lantaran kerapkali menimbulkan bau tak sedap.

“Mestinya sepanjang jalan akses wisata via Pandaan–Ledug ini sudah steril dari sampah. Tentunya merusak pemandangan,” ungkap Dony, pengguna jalan asal Prigen.

Menurutnya, karena kerapkali melintas di ruas jalan ini, keberadaan tumpukan sampah didominasi sampah rumah tangga. “Ini harus dibersihkan segera, yakni dievakuasi keluar dan steril dengan sampah liar. Jika tidak, lama kelamaan menjadi tempat penampungan sampah sementara dadakan,” tukasnya.

Secara terpisah, Kades Durensewu Sugeng Santoso membenarkan keberadaan tumpukan sampah liar berada di wilayah desanya ini. Menurut Sugeng, sampah itu dulunya tidak ada. Entah mulai sejak kapan ada, dan dia menduga sampah itu berasal dari orang-orang yang sengaja membuang dilokasi tersebut.

“Sudah kami lakukan pembersihan dengan melibatkan perangkat, dan juga memasang papan larangan. Ternyata tidak digubris. Kedepan perlu koordinasi antar desa, karena kalau di desa kami sudah ada tempatnya,” kata Sugeng sapaan akrabnya. (zal/fun)