Jamaah Aboge Baru Idul Adha Kamis

LECES-Mayoritas umat muslim di Indonesia merayakan Idul Adha 1439 hijriah, Rabu (22/8). Namun, jamaah aboge di Kabupaten Probolinggo berbeda.

Jamaah aboge baru merayakan Idul Adha Kamis (23/8). Salah satu tokoh Jamaah Aboge Desa/Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Kiai Mariye mengatakan, jamaah Aboge akan melaksanakan salat Idul Adha Kamis ini.

Menurutnya, hal itu sesuai kalender Aboge. Ia mengaku, tidak mempermasalahkan adanya perbedaan ini. Sebab, semuanya sudah ada dalam kitabnya. “Kami menghargai masyarakat yang menjalankan salat hari raya kurban pada 22 Agustus. Ada kitabnya masing-masing. Jadi, sama-sama ada pedomannya,” ujar Mariye.

Salah seorang jamaah Aboge Slamet mengaku, selalu mengikuti panutannya dalam menjalankan ibadah. Sehingga, meski ada yang melaksanakan salat Id Rabu, pihaknya tidak melakukannya. “Saya ikut yang sepuh. Memang sejak dari dulu Aboge dengan yang lain selalu berbeda,” ujarnya.

Menurutnya, jarak antara Hari Raya Kurban yang ditentukan pemerintah dengan Aboge, tidak jauh berbeda. Jaraknya hanya satu hingga dua hari. “Yang berbeda hanya penetapan tanggalnya, pelaksanaannya tetap sama,” ujarnya. (sid/rud)