Bakar Sampah, Warga Sukorejo Tewas Terpanggang di Kebunnya

SUKOREJO–Nahas menimpa Kartono, 70. Warga Dusun Oro-oro RT 01 RW 03, Desa Sukorame, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan itu tewas terpanggang saat tengah membakar sampah di kebun miliknya, Senin siang (20/8).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 12.30. Sebelumnya, sekitar pukul 11.30 ia pamitan dari rumahnya untuk ke kebun. Jaraknya sekitar 100 meter dari rumahnya.

Sesampainya di kebun, ia membersihkan daun bambu berjatuhan yang sudah menggering untuk dikumpulkan. Kemudian setelah terkumpul, langsung dibakar di lokasi yang sama.

Saat tengah membakar daun itu, angin berembus cukup kencang. Api pun cepat membesar dan mengarah padanya. Diduga, korban tak bisa menghindar.

Saat api membakar korban, sejumlah warga mengetahuinya. Warga pun berupaya untuk memadamkan api itu dengan alat seadanya. “Korban sudah meninggal terbakar di kebun miliknya sendiri. Posisi jasad korban sendiri, tidur terlentang di lokasi kejadian,” terang Kapolsek Sukorejo AKP. Wiksan.

Saat petugas Polsek Sukorejo datang, pihak keluarga menolak jasad korban divisum ke rumah sakit. Keluarga akhirnya memutuskan langsung memakamkannya sore harinya di tempat pemakaman umum desa setempat.

Pihak keluarga juga membuat surat pernyataan bermaterai. Isinya, menerima kejadian memilukan yang mengakibatkan korban tewas itu. Sebelum dimakamkan, sempat dilakukan pemeriksaan luar pada jasad korban oleh bidan desa setempat disaksikan pihak keluarga beserta petugas dari Polsek Sukorejo.

Tiap harinya, korban bekerja sebagai petani dan dikenal pendiam. Korban meninggalkan seorang istri dan satu orang anak. “Kematian korban murni karena kejadian kebakaran yang dialaminya. Dugaan kuatnya disebabkan human error atau kurang kehati-hatiannya korban saat bakar sampah,” jelasnya. (zal/mie)