161 Napi Rutan Kraksaan Dapat Remisi HUT RI

KRAKSAAN – HUT Kemerdekaan RI juga membawa kebahagiaan bagi ratusan narapidana di Rutan Kraksaan. Setidaknya, ada 161 napi yang mendapatkan remisi atau potongan tahanan. Sebanyak 8 napi di antaranya, mendapatkan remisi umum II (langsung bebas).

Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, jumlah total warga binaan di Rutan Kraksaan sebanyak 399 orang. Sebanyak 266 orang status napi dewasa dan 5 orang napi anak-anak. Sedangkan, warga binaan status tahanan sebanyak 125 orang dewasa dan 3 anak-anak.

Sedangkan, dalam pemberian remisi itu, total ada 161 orang yang berstatus napi. Sebanyak 53 napi dapat remisi 1 bulan, 78 orang remisi 2 bulan, 25 orang remisi 3 bulan, dan remisi 4 bulan untuk 5 orang. Nah, 8 napi di antaranya mendapatkan remisi umum dan langsung bebas.

Kepastian tersebut diungkapkan Kepala Rutan Kraksaan Muhammad Khafi. Khafi –sapaan akrabnya – mengatakan, pemberian remisi tersebut atas keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI, tentang pemberian remisi umum tahun 2018.

Keputusan tersebut menyebutkan tentang pemberian remisi umum pada tanggal 17 Agustus 2018 pada napi. Khafi menjelaskan, keputusan Menkum HAM tersebut berlaku sejak tanggal 17 Agustus 2018.

Diketahui, jumlah total warga binaan di Rutan Kota Kraksaan mencapai 399 orang. Dengan rincian, 271 orang status napi dan 128 orang status tahanan. “Narapidana yang mendapatkan remisi, perkara pidana umum biasa. Tidak ada napi perkara narkoba atau korupsi yang mendapatkan remisi,” katanya. (mas/mie)