Pembangunan Gedung Pelayanan RSUD Grati Tunggu Lelang

BANGIL – Pemkab Pasuruan merencanakan untuk menambah gedung pelayanan RSUD Grati tahun ini. Dana yang disiapkan tak sedikit, mencapai Rp 11 miliar.

Sayangnya, rencana itu terancam tak terlaksana. Menyusul tak kunjung dilakukannya pembangunan. Saat ini, progres pembangunan gedung pelayanan rumah sakit tipe D itu, masih pengajuan lelang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Agung Basuki menguraikan, pembangunan gedung pelayanan di RSUD Grati belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Karena, masih menunggu proses lelang, yang tengah diajukan.

“Masih menunggu proses lelang. Karena untuk menentukan pelaksana pembangunan gedung tersebut, ditentukan melalui mekanisme pelelangan,” tutur Agung.

Ia menyampaikan, sistem error yang ada di BLP memang sempat menjadi hambatan. Hal ini, mempengaruhi tahapan demi tahapan untuk proses pembangunan. Karena, lelang yang seharusnya sudah dilakukan beberapa waktu lalu, terhambat.

Dampaknya, pihaknya hanya memiliki waktu yang lebih singkat untuk merealisasikan pembangunan tersebut. Setidaknya hanya tersisa empat bulan untuk pembangunan gedung tersebut. “Waktunya terbilang mepet. Kami masih upayakan, agar bisa direalisasikan,” sambungnya.

Dikatakan Agung, anggaran Rp 11 miliar yang bersumber dari DBHCHT itu digulirkan untuk gedung pelayanan RSUD Grati. Namun, gedung yang akan dilakukan, hanya sebatas struktur. Tidak sampai rampung sepenuhnya. Sebab, untuk finishing seperti pengecatan akan direalisasikan pada penganggaran berikutnya.

Seperti yang diberitakan, Pemkab berusaha untuk mengurangi kesenjangan wilayah antara barat dan timur Kabupaten Pasuruan. salah satunya dalam hal kesehatan. Upaya itu dilakukan dengan penyediaan rumah sakit di wilayah timur yakni RSUD Grati, yang sebelumnya berupa puskesmas.

Rehab mulai dilakukan tahun lalu. Beberapa gedung, seperti IGD dibangun dengan dana Rp 29 miliar. Tahun ini, Pemkab menambah gedung layanan kesehatan untuk menunjang perawatan di rumah sakit setempat. Nilainya mencapai Rp 11 miliar. (one/fun)