Meski Jalur Sepeda Belum Maksimal, Tahun ini Berencana Tambah Dua Jalur

TAK MANFAAT: Jalur sepeda di Jl. Pahlawan ini belum dirasakan manfaatnya oleh pesepeda. Karena jalur ini juga digunakan becak, motor, bahkan naik turunnya penumpang serta bus. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

MAYANGAN – Adanya jalur sepeda ontel di Jalan Pahlawan, Kota Probolinggo, menjadi perhatian warga. Maklum, adanya jalur khusus ini sejauh ini belum berfungsi maksimal. Bahkan, tak jarang hanya menjadi tempat parkir becak dan mobil.

Salah seorang warga Kelurahan/Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo, Wawan Setiawan, 30, mengatakan, pemanfaatan jalur sepeda belum banyak dilakukan. Mengingat, jumlah pengguna sepeda ontel kalah jauh dibanding pengguna sepeda motor. “Saya sering lewat di Jalan Pahlawan, jarang terlihat yang menggunakan jalur itu (sepeda ontel). Malah sering dijadikan tempat parkir becak atau mobil,” ujarnya.

Wawan mengusulkan, jalur sepeda ontel dipasang di jalan yang dekat dengan sekolah atau dilalui siswa yang hendak bersekolah. Sebab, sejauh ini masih banyak siswa SD dan SMP yang menggunakan sepeda ontel menuju sekolahnya.

Mendapati itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo mengaku sudah berupaya agar jalur sepeda ontel tidak menjadi tempat pakir. Salah satunya dengan memasang rambu-rambu. “Kami sudah memasang rambu-rambu dan memastikan itu jalur sepeda. Cuma warga yang kurang peduli kalau itu jalur sepeda,” ujarnya.

Terkait dengan jalur sepeda ontel di dekat sekolah, Sumadi mengaku tahun ini akan membuat zona keselamatan sekolah. Ada sembilan sekolah yang akan dilengkapi dengan zona keselamatan. Di antaranya, di SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, dan SMAK Mater Dai. Serta, di SDN Sukabumi 6, SDN Sukabumi 9, dan SDN Kebonsasi Kulon 2. Juga di SMPN 9 dan SMPN 5.

Sumadi mengaku, tahun ini akan menambah dua jalur sepeda ontel. Yakni, di Jalan Supriyadi dan Slamet Riyadi. Anggaran penambahan jalur sepeda ini disiapkan bersama anggaran pemasangan markah jalan senilai Rp 1,3 miliar.

“Tahun ini kami akan menambah jalur sepeda. Di Jalan Supriyadi dan Slamet Riyadi. Penambahan jalur sepeda ini juga merupakan bagian komitmen kerja sama antara Pemkot Probolinggo dengan Pemerintah Kota Helsinborg, Swedia,” ujarnya.

Tahun kemarin, Pemkot Probolinggo membuat jalur sepeda di sebagian Jalan Pahlawan. Ruas jalur ini juga dilengkapi rambu-rambu sebagai tanda sebagai jalur khusus sepeda ontel. “Rencanan ke depan penambahan jalur sepeda ini dilakukan di jalan satu arah. Seperti Jalan Pahlawan, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Dr. Soetomo. Termasuk, di Jalan Suroyo karena diperuntukkan untuk Car Free Day, tapi belum dilakukan tahun ini,” ujarnya. (put/rud)