Sopir Dump Truck Tewas usai Terguling di Beji, Kemacetan Gempol-Bangil Mengular

LAMA: Proses evakuasi kendaraan dan muatan dump truck. (Istimewa)

BEJI – Jalur Surabaya-Pasuruan mendadak macet total Sabtu (11/8) pagi. Ini setelah sebuah dump truck terguling di Jalan raya Kemloko, Beji. Diduga karena mengantuk, dump truck oleng dan menabrak tiang listrik. Akibat kejadian ini, sopir dump truck tewas di lokasi kejadian.

Kemacetan yang terjadi di jalur ini cukup parah. Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kendaraan mengular mulai di jalur Gempol-Bangil. Ini lantaran, muatan pasir yang tumpah ke jalan raya.

Informasinya, insiden kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 05.15. Bermula dari cump truck bernopol W 9141 UY yang dikemudikan Kussusianto, 52, warga Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, melaju dari arah timur ke barat.

Entah mengapa saat melaju, tiba-tiba dump truck oleng ke kanan. Bahkan melaju ke arah berlawanan dan menabrak tiang listrik. Usai menabrak sebuah tiang listrik, dump truck terguling. Seketika itulah muatan tumpah ke jalan raya.

Insiden itu memantik warga dan petugas kepolisian datang. Disana, warga dan petugas mencoba mengevakuasi sopir yang terjepit di ruang kemudi. Sayang, saat didatangi, sopir sudah meregang nyawa dengan kondisi leher memar dan terjadi pendarahan pada telinganya.

“Korban lalu dibawa ke RSUD Bangil untuk di visum. Sementara petugas yang lain mengatur lalulintas untuk mengurai kemacetan,” beber Ipda M Rofik, Kanitlantas Polsek Beji.

Karena muatan pasir tumpah, proses evakuasi berlangsung cukup lama. Kemacetan paling parah terjadi mulai Gempol, dan kendaraan yang mengular panjangnya sampai 2 kilometer lebih. Alhasil, banyak kendaraan yang akhirnya memilih melintasi jalan tol.

Sekitar pukul 07.30, arus lalu kembali normal setelah seluruh muatan ditepikan dan kendaraan yang terlibat kecelakaan dievakuasi. Insiden ini diduga terjadi akibat sopir mengantuk. “Kami belum mengetahui, tetapi dugaan mengantuk bisa jadi. Namun korban sudah meninggal dunia,” pungkas Rofik. (eka/fun)