Penjual Pernak-pernik HUT Kemerdekaan RI Panen Rupiah meski Cuma Sebulan

BUGULLOR – Menjelang hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73, marak penjual aksesori di Kota Pasuruan. Rata-rata mereka memanfaatkan bahu jalan untuk menjual pernak-pernik bendera Indonesia.

Mereka mulai terlihat berjualan sejak awal Juli silam. Mereka pun punya waktu hanya sebulan untuk mendulang rezeki. Umumnya, mereka akan berhenti jualan saat sudah melewati 17 Agustus.

Salah seorang penjual bendera di Jalan Veteran, Kelurahan Bugullor, Kecamatan Panggungrejo, Gandi mengungkapkan, ia sudah berjualan selama dua minggu bersama temannya dari Jawa Barat. Pernak-pernik bendera yang dijual ini didapatkan dari juragan bendera di Bandung.

Harga yang dijual pun bervariasi tergantung ukuran. Menurutnya, ia sengaja menjual bendera karena ada momen hari kemerdekaan. Animo masyarakat Kota Pasuruan dalam membeli bendera sendiri cukup bagus. Setidaknya, Gandi bisa mendapat rupiah dari hasil jualan aksesori.

“Saya sengaja menjual di sini karena di Jawa Barat sudah penuh. Mudah-mudahan laku semuanya. Supaya saat pulang, saya bisa membawa hasil,” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Asep, yang juga berasal dari Jawa Barat. Dia mengaku, datang bersama kawannya dan selama ini memilih tinggal di rumah indekos bulanan. “Setelah momen Agustus selesai, kami balik kampung,” beber Asep. (riz/fun)