Klaim Sudah 96 Persen Masyarakat yang Sudah Miliki e-KTP

PANGGUNGREJO – Pemkot terus berupaya agar penduduk Kota Pasuruan ter-cover e-KTP. Salah satunya dengan mengajukan penambahan blanko pada pemerintah pusat untuk mempercepat penyerapan e-KTP pada wajib KTP.

Kabid Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan Arfat mengungkapkan, jumlah wajib e-KTP di Kota Pasuruan mencapai 150.900 orang. Dan, 144.859 orang di antaranya sudah ter-cover e-KTP. Sementara sisanya sebanyak 6.041 orang masih belum memiliki.

Dalam waktu dekat, Pemkot berencana mengajukan tambahan blangko e-KTP sebanyak 3.000 keping pada pemerintah pusat. Pasalnya, sisa blangko e-KTP yang dimiliki Kota Pasuruan sudah menipis dan hanya tersisa 210 keping.

“Yang ter-cover baru 96 persen. Kami berencana mempercepat agar seluruh wajib KTP segera memiliki blangko e-KTP,” katanya.

Ia menyebut, agar ribuan wajib e-KTP yang belum ter-cover untuk bersabar, sebab pihaknya masih menunggu jatah tambahan blangko dari pemerintah pusat. Pihaknya juga rutin untuk melakukan sosialisasi bagi wajib KTP yang belum melakukan perekaman.

“Sosialisasi ini kami lakukan melalui kantor kelurahan dan lembaga sekolah. Tujuannya, agar wajib e-KTP segera melakukan perekaman,” terang Arfat. (riz/fun)