Jadi Gunjingan Tetangga karena Nikahi Brondong

KEHIDUPAN rumah tangga Tole, 22 dan Minthul, 48, (keduanya nama samaran), warga Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, hanya bertahan dua bulan saja.

Pasalnya, Minthul tidak tahan dengan gunjingan tetangga karena ia dinikahi pria yang usianya jauh lebih muda.

Minthul tak kuasa menahan keinginannya untuk bercerai karena selalu dirasani. “Saya tidak kuat karena hampir setiap hari dengar rasan-rasan tetangga,” katanya. Padahal, sejatinya ia masih mencintai pria yang menikahinya secara siri tersebut.

Ceritanya, Tole dan Mintul bertemu saat keduanya terlibat dalam pekerjaan yang sama di bidang advertising. Tole yang jejaka kepincut dengan Minthul, seorang janda tanpa anak. Minthul oleh suami terdahulunya diceraikan tanpa alasan. “Suami meningalkan saya,” kata Tole.

Karena itu, setelah berpacaran selama tiga bulan, keduanya memutuskan untuk menikah. Semula niatan Minthul ini ditentang oleh keluarga besarnya. Hanya saja, perempuan yang masih terlihat cantik dan seksi ini, nekat. Keduanya kemudian menempati rumah kecil di samping rumah induk keluarga besarnya.

Sejak mendengar hubungan dua insan berlainan jenis ini, tetangga sudah rasan-rasan. Kata Minthul, alasan pergunjingan itu pula yang membuat keluarga besarnya sempat menolak. Kala itu, Minthul berpikir setelah menikah tetangga akan mengerti dan tidak lagi mempersoalkan.

Namun, anggapan itu salah. Ternyata hingga dua bulan membina rumah tangga, rasan-rasan itu tak pernah sepi. “Pernah saya mempertanyakan persoalan itu pada tetangga, mereka menganggap pernikahan saya tidak lazim,” katanya. Akhirnya, keluarga besarnya termakan omongan juga.

Hingga kemudian, keluarga kembali meminta agar Minthul bercerai. Semula Minthul menolak dengan halus. Bukannya mereda, penolakan itu membuat keluarganya berang. “Sampai akhirnya saya bertengkar hebat dengan keluarga gara-gara ini,” jelasnya.

Tole yang jengah dengan kondisi tersebut, akhirnya menceraikan Minthul. Minthul sempat menolak, namun Tole tetap pada keputusannya. Akhirnya keduanya bercerai. (sid/rf)