Intip Koleksi Baru Museum Cheng Hoo yang Didapat dari Kolektor

PANDAAN – Menjelang dibuka tahun ini, Museum Muhammad Cheng Hoo di Pandaan mendapat tambahan 26 koleksi benda. Semuanya merupakan pinjaman dari seorang kolektor asal Sidoarjo.

Dengan pinjaman itu, kini koleksi benda di Museum Muhammad Cheng Hoo bertambah. Jika awalnya ada 16 benda, kini total menjadi 42 benda.

Kamis (9/8), 26 koleksi itu sudah ada di Museum Muhammad Cheng Hoo. Beberapa dipajang di etalase kaca di dalam museum.

“Koleksi Museum Muhammad Cheng Hoo terus bertambah. Semuanya akan dipamerkan saat resmi dibuka tahun ini,” beber Nurul Hudayati, kabid Seni dan Budaya di Disbudpar Kabupaten Pasuruan.

Nurul membeber, 26 koleksi tambahan yang sudah masuk ke museum saat ini, bentuknya beragam. Ada tempat uang, peralatan pertanian, tempat bunga, dan tungku. Juga ada benda pusaka berupa senjata, seperti keris dan celurit. Benda-benda itu berasal dari zaman Majapahit, Mpu Sendok, dan kolonial.

“Koleksi tambahan yang masuk memang lebih lengkap dan variatif. Melengkapi barang yang masuk sebelumnya,” tuturnya.

Di sisi lain, menurut Nurul, pihaknya mengupayakan tambahan koleksi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan di Mojokerto. Pengajuan pinjaman barang koleksi pun sudah disampaikan ke BPCP Trowulan.

“Koleksi yang ada saat ini, kurang banyak. Jadi, perlu ditambah. Karena itu, kami terus berupaya menambah jumlah koleksi musium,” tegasnya. (zal/fun)