Bupati Pasuruan Taklukkan Wali Kota Probolinggo

PROBOLINGGO – Dua kepala daerah terpilih di Pasuruan dan Probolinggo, punya cara unik untuk menanti pelantikan. Seperti yang dilakukan Irsyad Yusuf dan Habib Hadi Zainal Abidin. Calon kepala daerah terpilih di Pasuruan dan Probolinggo itu, bertanding di lapangan hijau.

Tentu saja laga yang digelar di stadion Bayuangga, Kota Probolinggo tersebut, menyita perhatian khalayak. Tim yang dihuni keduanya bahkan berlaga layaknya tim sepakbola seperti pada umumnya. Dipimpin wasit dan sama-sama mengincar kemenangan.

Dari pantauan media ini, laga itu dimulai pukul 06.00. Pertandingan sepak bola tersebut sejatinya digelar untuk menyambut hari Kemerdekaan RI.

Adapun tim yang berlaga ialah kesebelasan Handal Brilian yang dihuni skuad Habib Hadi Zainal Abidin. Sementara Irsyad Yusuf tergabung di kesebalasan FC Maslahat All Star.

Lantaran laga juga punya tujuan untuk ajang silaturahmi, laga dikemas dengan santai. Sehingga meski bermain 2×45 menit, namun tak ada aturan baku. Semisal, tak ada aturan jumlah pergantian pemain, termasuk posisi atau formasi yang digunakan dalam pertandingan.

Jalannya laga di 45 menit pertama, berlangsung menegangkan. Tim Handal Brilian leading lebih dahulu. Itu setelah Sudiman, mantan Kepala Satpol PP yang sekarang ada Dinas Perikanan mencetakan namanya di papan skor. Melalui tendangan kaki kanannya di menit ke 16, Sudiman berhasil mengecoh kiper lawan. Serentak sorai sorai penonton, termasuk Habib Hadi yang berposisi sebagai kiper pun terlihat ekspresif.

Meski tim tuan rumah mencetak gol pertama, tim FC Maslahat All Star tak patah arang. Tim yang dihuni Irsyad Yusuf tampil ngotot. Gus Isryad (panggilan akrab Irsyad Yusuf) yang berposisi sebagi penyerang, beberapa kali mengancam gawang Habib Hadi.

Bahkan kepala daerah yang bakal melakoni periode keduanya sebagai Bupati Pasuruan itu, mencetakgol di menit ke 30. Gol itu dilesakkannya lewat heading. Hingga turun minum, skor tertap bertahan imbang, yakni 1-1.

Memasuki 45 menit ke dua, tim tamu kembali mengoyak jala tuan rumah. Melalui tentangan kaki kanan, gol kedua tim tamu di cetak oleh Heri Siswanto di menit ke 65. Meski tertinggal, tim tuan rumah tetap bersih keras untuk mengejar ketertinggalan dengan memasukan beberapa pemain segar untuk mendongkrak serangan. Sayangnya pertahanan FC Maslahat All Star tetap kokoh.

Bahkan, FC Maslahat FC kembali menambah gol usai tendangan kakai kanan Agung Yudha, tak dapat dibendung penjaga gawangdi menit ke 80. Hingga pertandingan berakhir, skor memihak pada FC Maslahat, 3-1.

Usai laga, dua kepala daerah terpilih nampak tersenyum. Habib Hadi Zainal Abidin mengakui kekalahanya. Namun ia mengungkapkan bahwa pada laga selanjutnya, di Stadion Pasuruan, ia berjanji akan memenangkan pertandingan.

“Hari ini kami kalah. Namun di laga leg kedua, kami akan tantang balik dan kami harus menang,” terang Wali Kota Probolinggo Terpilih itu.

Sementara menanggapi hasil kemenangan dari timnya, Gus Irsyad mengatakan bahwa dirinya dan Habib Hadi ada di level yang sama. Yaitu sama–sama sebagai kepala daerah terpilih namun belum dilantik.

Kendati demikian, , tidak ada yang namanya bupati dan wali kota. Semua berbaur dan juga merasakan sama–sama terjatuh di lapangan hijau saat beradu sepak bola.

“Alhamdulillah senang sekali, semoga laga ini mampu merangsang geliat sepak bola di Kota Probolinggo. Ini sekaligus untuk melepas penat seusai Pilkada,” terangnya.

Meski baru pertama kali digelar, dan dilakukan secara mendadak pertandingan bola antar kepala daerah terpilih ini, cukup mengundang perhatian masyarakat Kota Probolinggo untuk melihatnya. Sementara usai melakukan pertandingan sepak bola persahabatan kedua tim kemudian menutupnya dengan makan bersama di atas rumput hijau stadion setempat. (rpd/fun)