Antisipasi Pohon Rawan Tumbang, Ini yang Dilakukan BPBD

KRAKSAAN – Kencangnya embusan angin di Kabupaten Probolinggo terus menjadi perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. Salah satunya dengan rutin memangkas dan memantau pohon rawan tumbang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan, angin kencang yang melanda sejak beberapa hari terakhir berpotensi menimbulkan bencana. Salah satunya berupa pohon tumbang.

“Angin kencang bisa membahayakan. Terutama, kepada para pengguna jalan dan rumah yang berada di bawah pohon besar. Jika pohon itu dibiarkan tumbuh besar dan tidak ada penanganan, bahaya,” ujarnya.

Agar itu tidak terjadi hal yang tak diinginkan, menurutnya, selama bulan ini pihaknya akan rutin memangkas dan menbang pohon yang rawan tumbang. Sehingga, meski angin kendang, warga tetap aman. “Kegiatan potong atau perampingan ranting pohon insya Allah rutin. Selain itu, Probolinggo punya spesifikasi angin gede, yaitu angin gending,” ujarnya.

Pemotongan atau perampingan ranting pohon sudah beberapa kali dilakukan di sejumlah kecamatan. Namun, kini masih terus melakukan di sejumlah kecamatan lain. “Pokoknya pohon yang dirasa membahakan akan kami rampingkan. Ketika ada angin kencang biar aman. Yang pasti, tetap hati-hati. Jika ada kejadian (bencana), segera melapor,” ujarnya. (sid/rud/mie)