Rp 1,447 M untuk Tambah Dua Alat Bidang Metrologi

PANGGUNGREJO – Rencana Bidang Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan menambah layanan baru akan terlaksana. Namun, sejauh ini pengadaan dua peralatan baru dengan anggaran Rp 1,447 miliar itu masih tahap lelang.

Kepala Bidang Metrologi Disperindag Kabupaten Pasuruan Daya Uji mengatakan, sejauh ini Bidang Metrologi masih melayani 19 layanan. Targetnya, tahun ini bisa ada tambahan dua layanan baru dari alat yang akan dibeli dengan dana dari Pemerintah Pusat itu. “Sementara ini untuk layanan masih 19 layanan. Mulai tembangan elektronik, jembatan timbang, dan sebagainya. Ke depan akan terus kami tambah lagi layanannya,” ujarnya.

Menurutnya, alat-alat pengukuran atau alat tera cukup bervariasi dan harganya cukup mahal. Seperti, dua alat yang dibutuhkan untuk layanan baru itu, berupa meter air dan flow meter. Proses lelang pengadaan dua barang ini diperkirakan sampai September.

Daya Uji mengatakan, flow meter berfungsi untuk mengukur hasil produksi cair dan meter air untuk mengukur debit di air bawah tanah. Kebutuhannya ada sekitar 103 perusahaan air yang membutuhkan dua layanan ini.

Setelah tahap lelang, Bidang Metrologi mengusulkan kembali terkait administrasi Surat Keterangan Kemampuan Pelayanan Tera dan Tera Ulang (SKKPTTU) untuk flow meter dan meter air. Targetnya, Oktober sudah dioperasionalkan. Sehingga, perusahaan yang membutuhkan dua layanan itu tidak perlu jauh-jauh ke Badan Standarisasi Metrologi Legal di Jogjakarta. (eka/fun)