Ihhh, Punya Suami Jarang Mandi

MEMILIKI pasangan dengan penampilan oke serta bersih dan wangi, menjadi dambaan setiap perempuan. Namun, hal itu rupanya tidak ada pada diri Tole (nama samaran), 36. Warga Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, itu dinilai jorok lantaran jarang mandi dan menjaga kondisi tubuh.

Tentu saja hal itu membuat Minthul (juga nama samaran), 29, jengah. Minthul akhirnya enggan berdekatan dengan suaminya. Sikap itu bukan karena tidak menerima suami apa adanya. “Tapi, siapa juga yang tahan. Pulang dari kerja masih keringetan, gak mandi, eh santai-santai aja di rumah sampai malam,” jelasnya.

Apalagi Minthul sudah berkali-kali mengeluh kalau Tole bau keringat. Hal ini kadang membikin Minthul ogah-ogahan jika diajak “main” di ranjang. Hal itu berlangsung selama 4 tahun menikah.

Minthul kemudian menceritakan pertemuannya dengan Tole yang statusnya jejaka. Sementara dirinya berstatus janda tanpa anak. Pertemuan keduanya terjadi saat sama-sama bekerja di luar kota. Tole saat itu bekerja di sebuah proyek yang lokasinya di samping indekos Minthul.

Ungkapan “witing tresno jalaran soko kulino” berlaku dalam kamus keduanya. Karena seringnya bertemu, benih-benih cinta timbul di antara keduanya. Apalagi, Tole seringkali menggoda Minthul. Tanpa banyak basa-basi, Tole memberanikan diri melamar Minthul. Lamaran itu lantas diterima, keduanya pun menikah.

Pasca menikah, Minthul ikut kemanapun Tole bekerja. Rupanya, ada kebiasaan Tole yang belum diketahui Minthul dan itu membuatnya tidak suka. Yakni, Tole malas mandi. Termasuk jarang merawat diri. Jika tak ada kerjaan, Tole bisa betah tak mandi seharian. Minthul pun eneg lihat kebiasaan buruk suaminya.

“Sudah saya sindir, bahkan tak paksa mandi, tapi malas juga. Kalau gitu terus ya siapa juga yang mau melayani di ranjang,” jelasnya blak-blakan. Meski begitu, Minthul bertahan hingga pasangan suami-istri (pasutri) ini dikaruniai seorang anak. Tole sendiri tak ada tanda-tanda mau merubah kebiasaan buruknya itu. Meskipun sudah punya anak.

Seringkali Minthul malu, kalau ada orang lain yang bertamu. Bahkan, tak sekali dua kali orang dekat ngomong kebiasaan buruk Tole. “Memang kesannya sih sepele, tapi capek juga kasih tahu tapi Tole bebal gak mau tahu urusan orang lain. Termasuk kata-kata saya,” jelasnya. (eka/rf/fun)