Benahi Manajemen Pengelolaan Sampah, Ini Action DLH

MAYANGAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo terus membenahi manajemen pengelolaan sampah. Sebab, masalah sampah masih menjadi sorotan saat ini.

Seperti sorotan yang disampaikan Ketua DPRD Kota Probolinggo Agus Rudianto Ghaffur, beberapa waktu lalu. Saat itu, dia menyoroti melubernya sampah ke jalan-jalan karena TPS penuh.

Rudi panggilannya, menyarankan agar DLH memindah TPS-TPS yang ada di tepi jalan. Sebab, selain sampahnya kerap meluber ke jalan, juga menimbulkan bau dan pandangan yang kurang sedap.

“Seperti TPS yang ada di Jalan Brantas dan Jalan Gubernur Suryo. Lebih baik direlokasi ke tempat yang jauh dari jalan. Sehingga, sampah tidak sampai meluber ke jalan-jalan,” ujarnya.

Budi Krisyanto, kepala DLH Kota Probolinggo menjelaskan, pihaknya sebenarnya terus membenahi pengelolaan sampah di kota. “Tapi, kami fokus pada pembenahan manajemen pengelolaan sampah,” ujarnya.

Seperti penambahan frekuensi pengangkutan sampah di TPS-TPS. Tujuannya, sampah di TPS tidak meluber karena penuh.

“Kami tingkatkan frekuensi pengakutan sampah dari TPS ke TPS. Selain itu, juga meminta kepada personel pengangkutan sampah agar tepat waktu dalam mengangkut sampah,” jelasnya. (put/hn/mie)