Dilalap Api, 10 Hektare Hutan Lindung di Gading Hangus

GADING-Si jago merah mengamuk di hutan lereng Argopuro, Kabupaten Probolinggo. Api membara mulai Kamis sore hingga Jumat dinihari (3/8).

Api terpantau di hutan lindung kawasan RPH Sentul dan PKPH Bremi petak 9 C Dusun Rabunan, Desa Batur, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Kobaran api pertama kali diketahui sekitar pukul 16.00. Api membakar semak belukar di kawasan terjal yang sulit dijangkau. Lokasi kebakaran di tebing dengan ketinggian 1.256 meter di atas permukaan air laut (Mdpl).

“Penyebab kebakarannya karena apa, masih diselidiki. Bisa karena gesekan bambu, atau dari puntung rokok yang dibuang, atau sengaja dibakar untuk buka lahan,” terang Asper Asisten Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Condong, Slamet.

Api cepat membesar karena saat ini angin tengah bertiup kencang. Selain itu, hutan di area setempat yang didominasi semak belukar membuat api cepat membesar.

Kapolsek Gading, Iptu Bagus menjelaskan, pihaknya dapat laporan kebakaran hutan sekitar pukul 19.00. “Yang terbakar itu hutan lindung. Tak ada korban jiwa dan kayu besar yang terbakar. Belum dirinci bambu yang terbakar,” jelasnya.

Usai menerima laporan itu, polisi pun langsung mengamankan lokasi sekitar hutan kayu, agar api tak menjalar ke hutan kayu. “Kami buat sekat, sehingga api tak mendekat ke lokasi hutan kayu,” jelas kapolsek.

Kobaran api itu sendiri baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30. Dari data BKPH Condong, api menghanguskan sekitar 10 hektare semak belukar di area hutan setempat. (hil/mas/mie)