DPRD Usulkan ADJIB Segera Dilantik, Ini Komentar KPU

BANGIL – Usai ditetapkan KPU Kabupaten Pasuruan, pasangan bupati dan wakil bupati Pasuruan terpilih diusulkan untuk diangkat. Usulan tersebut dilakukan dengan paripurna istimewa di kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Senin (30/7).

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan menyampaikan, paripurna yang digelar Senin (30/7), merupakan tindak lanjut dari penetapan bupati dan wakil bupati Pasuruan terpilih, Irsyad Yusuf-Mujib Imron oleh KPU Kabupaten Pasuruan.

Setelah ditetapkan oleh KPU, tugas legislatif selanjutnya melakukan pengumuman usulan pengesahan pengangkatan ke gubernur. Usulan tersebut dilakukan dengan giat paripurna istimewa.

“Ini rangkaian kegiatan setelah penetapan bupati dan wakil bupati terpilih. Setelah sidang paripurna ini digelar, selanjutnya kami mengusulkan agar bupati dan wakil bupati yang telah ditetapkan tersebut untuk segera dilantik,” terang Dion –sapaannya-.

Dion menambahkan, pengusulan tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 160 dan pasal 160 A UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Seusai diumumkan usulan pengangkatan tersebut, tinggal menunggu pelantikan. Di mana, pelantikan bupati akan dilangsungkan September.

“Kami mengusulkannya ke Kemendagri melalui pemkab yang dilanjutkan ke gubernur nantinya,” sambung dia.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Zainul Faizin menegaskan, sudah menyerahkan setiap proses yang ada saat ini ke legislatif. Hal itu seiring telah rampungnya tugas KPU Kabupaten Pasuruan untuk melakukan penetapan calon terpilih.

“Setelah penetapan, kami menyerahkan prosesnya ke legislatif,” pungkasnya. (one/fun)


TUNGGU DILANTIK: Irsyad Yusuf dan Mujib Imron yang menjadi calon tunggal di Pilkada Kabupaten Pasuruan. (Dokumen Jawa Pos Radar Bromo)