Rabu, 14 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Hukum & Kriminal

Musnahkan Barang Bukti Senilai Rp 1 M di Pasuruan

Rabu, 31 Oct 2018 14:39 | editor : Muhammad Fahmi

DIBAKAR: Dari kiri Bupati Irsyad Yusuf, Kajati dan Kejari Kabupaten Pasuruan saat memusnahkan barang bukti senilai Rp 1 miliar.

DIBAKAR: Dari kiri Bupati Irsyad Yusuf, Kajati dan Kejari Kabupaten Pasuruan saat memusnahkan barang bukti senilai Rp 1 miliar. (Iwan Andrik/ Radar Bromo)

BANGIL – Ribuan barang bukti hasil kejahatan senilai Rp 1 miliar, dimusnahkan kejaksaan dan muspida. Pemusnahan itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. 

Kegiatan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan itu dilangsungkan Selasa (30/10). Puluhan ribu barang bukti kejahatan dimusnahkan dengan cara dibakar. Satu persatu barang bukti hasil kejahatan tersebut, dimasukkan dalam wadah yang menyala. 

Menurut Kajari Kabupaten Pasuruan M. Noor HK, barang bukti yang dimusnahkan itu merupakan hasil perkara yang sudah dinyatakan inkracht sepanjang 2018 ini. Pemusnahan tersebut dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan barang kejahatan tersebut dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. 

Barang bukti yang dimusnahkan kemarin, beragam. Beberapa di antaranya berupa ganja sebanyak 20 gram; sabu-sabu seberat 274,81 gram; pil koplo sebanyak 9.430 butir, 17 buah alat hisap sabu-sabu, serta handphone sebanyak 136 buah. 

Selain itu, ada pula uang kertas palsu sebanyak 674 lembar, pakaian 35 potong, serta rokok sejumlah 46.180 bungkus. “Total barang bukti yang kami musnahkan, kurang lebih Rp 1 miliar,” jelas dia.

Kajati Jatim Sunarta menyambut baik kegiatan tersebut. Hal ini untuk memastikan agar barang bukti yang telah berkekuatan hukum itu, tidak digunakan. “Kami saksikan bersama untuk dimusnahkan. Supaya tidak digunakan lagi,” sampainya. 

Sunarta menambahkan, ada beberapa barang bukti yang dimusnahkan. Salah satunya puluhan ribu bungkus rokok. Rokok-rokok tersebut, dimusnahkan lantaran ilegal. 

(br/one/fun/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia