Rabu, 14 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Wow, 6 Bulan Retribusi Pajak Hotel Tembus Rp 4,6 Miliar

Minggu, 29 Jul 2018 15:00 | editor : Muhammad Fahmi

kawasan tretes

BERI SUMBANGSIH: Bangunan vila yang ada di wilayah puncak Tretes di Prigen. Selain hotel, retribusi tempat penginapan seperti vila, ikut mendongkrak pemasukan. (Dok. Radar Bromo)

PASURUAN - Sampai pertengahan tahun atau semester satu tahun 2018 ini, penerimaan retribusi dari Pajak Hotel di Kabupaten Pasuruan sudah mencapai Rp 4,6 miliar. Jumlah ini sudah mencapai 67,39 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 6,95 miliar.

Perolehan retribusi hotel selama pertengahan tahun yang sudah didapat, terbilang sudah cukup baik. Bahkan, melebihi target pertengahan tahun yaitu lebih dari separonya.

“Kalau melihat dari data penerimaan, retribusi dari pajak hotel memang cukup baik. Rencananya, bisa kita sesuaikan dengan kondisi apakah bisa dinaikkan pada Perubahan APBD mendatang,” ujar Mokhammad Syafi’i, kabid Pendataan, Penetapan, dan Pelaporan Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan.

Syafi’i menjelaskan, bahwa penerimaan pajak hotel memang tergantung dari okupansi hotel di Kabupaten Pasuruan. Dengan tingginya penerimaan, berarti tingkat hunian sudah cukup tinggi sampai pertengahan tahun ini. Tak hanya dari kegiatan saat weekend. Namun juga terdongkrak dari liburan long weekend termasuk liburan hari raya dan liburan sekolah beberapa waktu lalu.

Termasuk dengan makin menggeliatnya sektor hiburan dan wisata. Biasanya makin banyaknya masyarakat terutama luar kota yang berwisata di Pasuruan, juga berimbas pada tingkat hunian hotel dan penginapan.

Dijelaskan Syafi’i, pajak hotel memang tidak hanya diambil dari hotel. Tapi, juga penginapan seperti vila, cottage, sampai rumah indekos yang jumlah kamarnya di atas 10 kamar.

Pajak hotel pun dinilai menyumbang peroleh pendapatan asli daerah (PAD) yang signifikan. BKD mencatat untuk hunian hotel memang banyak didominasi dari kegiatan wisata yang ada di Tretes.

“Termasuk kegiatan bisnis dan kegiatan-kegiatan yang ada di Kabupaten Pasuruan dipastikan juga mendongkrak okupansi hotel sehingga membuat penerimaan Pajak Hotel kita tinggi,” jelasnya.

(br/eka/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia