Rabu, 14 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Pencairan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa Termin Pertama Tuntas

Sabtu, 28 Jul 2018 16:00 | editor : Fandi Armanto

add, dd, dana desa, alokasi dana desa

Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)

BANGIL - Pemkab Pasuruan diburu waktu untuk pencairan DD dan ADD termin kedua. Hal ini seiring dengan tuntasnya pencairan dana untuk desa itu di termin pertama.

Kepala Bidang Keuangan dan Kekayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Andar Sulistyorini menjelaskan, pencairan ADD dan DD termin pertama telah disalurkan untuk 341 desa di Kabupaten Pasuruan. Pencairan dana tersebut terealisasi dua pekan belakangan.

Saat ini pihaknya tengah memfokuskan untuk pencairan termin kedua. Terutama untuk DD, yang batas pencairannya seharusnya Juli 2018. “Kalau untuk DD, pencairannya dilakukan tiga tahap. Sekarang proses tahap kedua dan harusnya berakhir akhir Juli 2018,” jelas Andar.

Untuk itulah, pihaknya memacu pemerintah desa untuk segera menyelesaikan persyaratan. Persyaratan pencairan dana kedua, berupa SPj dana termin pertama tahun 2018.

Saat ini, diakuinya belum seluruhnya pemerintah desa menyelesaikan persyaratan. Ia mencatat, untuk pencairan ADD di termin kedua baru tiga desa. Sementara untuk DD, sejumlah 111 desa.

“Untuk ADD, waktunya masih panjang. Nah, untuk DD ini yang kami pacu agar seluruh desa segera menyelesaikan persyaratan. Karena untuk mengejar pencairan dana ketiga,” bebernya.

Seperti yang diberitakan, pemerintah menyiapkan dana besar untuk desa. Dana itu berupa ADD yang sumbernya dari APBD dan DD yang sumbernya dari APBN. Tahun ini, pemerintah mengalokasikan DD senilai Rp 302 miliar. Sementara untuk ADD mencapai Rp 146 miliar.

Separo anggaran telah digulirkan. Tinggal proses pencairan tahap kedua untuk ADD. Serta tahap dua dan tiga untuk DD.

(br/one/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia