Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Kraksaan

Dalam Setahun, Unit 9 di PLTU Paiton Gunakan 2,5 Juta Ton Batu Bara

Sabtu, 28 Jul 2018 22:30 | editor : Fandi Armanto

STUDI: PJB Unit 9 menerima kunjungan dari belasan negara se-Asia, Eropa, dan Amerika, Jumat (27/7).

STUDI: PJB Unit 9 menerima kunjungan dari belasan negara se-Asia, Eropa, dan Amerika, Jumat (27/7). (Arif Mashudi/Radar Bromo)

PAITON - PJB Unit 9 Paiton merupakan salah satu tenaga pembangkit listrik di PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo. Ternyata, dalam setahun PJB Unit 9 menggunakan cukup banyak batu bara, mencapai sekitar 2,5 juta ton.

Selama pemanfaatan batu bara, PJB Unit 9 juga memaksimalkan pengelolaannya. Sehingga, tidak ada limbah batu bara yang merusak atau mencemar lingkungan. Sebab, limbahnya dimanfaatkan oleh perusahaan semen dari luar daerah.

Kepala Bidang Stekholder Managemen PJB Pusat Surabaya Dodik Nafiuddin mengatakan, selama ini PJB dalam pengelolaan dan pemanfaatan batu bara dengan kalori rendah. Tapi, tetap aman dan ramah lingkungan. Ada pihak ketiga yang memanfaatkan fly ash atau limbah batu bara bentuk debu untuk campuran pembuatan semen.

“Alhamdulillah, dengan penghargaan emas yang diterima PJB untuk menunjukkan pengelolaan dan pemanfaatan limbah batu bara aman dan ramah lingkungan,” katanya.

Menurut Doddy, sejauh ini PJB merupakan pembangkit listrik besar. Untuk unit 1 dan 2 PJB Paiton, setiap tahun menghasilkan listrik 5.000 GWH. Sedangkan, PJB Unit 9 kapasitas listrik yang dihasilkan sekitar 4.300 GWH atau 4,3 TWH. “Kami tugasnya hanya membangkitkan atau memproduksi listrik. Penyaluran listriknya menjadi ranah PLN,” ujarnya.

Jumat (27/7), PJB Unit 9 menerima kunjungan dari belasan negara se-Asia, Eropa, dan Amerika. Menurut Doddy, kunjungan ini merupakan acara Asian SBC yang rutin digelar saban tahun. Acara ini digelar selama tiga hari dan di hari terakhir (27/7), kunjungan ke PJB unit 9.

Di mana diketahui, PJB Unit 9 merupakan pembangkit tenaga listrik yang menggunakan batu bara kalori rendah. “Mereka belajar dan saling berbagi dalam pengelolaan batu bara untuk pembangkit tenaga listrik. Karena pengelolaan PLTU Paiton terbaik dibanding PLTU lainnya,” ujarnya.

(br/mas/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia