Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Gara-gara Sampah, 4 Boks Truk Terbakar di Wonorejo

Sabtu, 28 Jul 2018 02:15 | editor : Fandi Armanto

kebakaran boks truk

BARA: Api yang membakar boks kontainer di Desa/Kecamatan Wonorejo, Jumat (27/8) malam. Kebakaran terjadi karena aktivitas pembakaran sampah. (Muhamad Busthomi/Radar Bromo)

WONOREJO - Kebakaran terjadi di dalam gudang milik salah satu perusahaan rokok di Desa/Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan Jumat (27/7) malam. Kuat dugaan, kebakaran itu dipicu oleh bara api sisa pembakaran sampah yang dilakukan oleh sejumlah karyawan.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, terdapat empat boks bekas kontainer yang ludes terbakar. Seluruh boks bekas itu memang digunakan sebagai tempat penyimpanan terpal.

Kebakaran kali pertama diketahui oleh Sunaryo, salah satu petugas keamanan gudang sekira pukul 20.15. Pasalnya, ia melihat kepulan asap membumbung tinggi. Seketia ia menghampiri titik asap berasal.

"Saat itu diketahui ada dua boks kontainer yang terbakar. Satpam kemudian melaporkan kejadian ini ke anggota di Polsek. Kami langsung menghubungi pemadam," kata Kapolsek Wonorejo, AKP Supriadi.

Warga sekitar pun dibuat panik setelah mendengar adanya kebakaran tersebut. Tak sedikit warga yang penasaran hendak memasuki area gudang. Namun hal itu tak diperbolehkan oleh petugas keamanan gudang.

Tak berselang lama, petugas pemadam dari PMK Kabupaten Pasuruan tiba di lokasi. Namun kobaran api terus menyalak hingga membakar dua boks kontainer disamping titik awal. Petugas pemadam langsung berjibaku dengan api.

Kencangnya angin malam itu cukup menyulitkan proses pemadaman. Sebab api terus berkobar begitu seiring dengan hembusan angin. Pemadaman dilakukan di beberapa titik dengan nyala api yang cukup besar.

Untungnya, upaya pemadaman yang dilakukan dari titik luar obyek yang terbakar berhasil. Sebab, keempat boks kontainer bekas itu dihimpit oleh dua gudang dengan jarak sekitar 5 meter.

"Api dipastikan padam pukul 22.00. Namun petugas masih melakukan pembasahan agar tidak ada bara yang tersisa," tambah Kapolsek.

Tak ada korban jiwa dalam insiden itu. Akan tetapi hanya kerugian materil yang diperkirakan mencapai jutaan rupiah. Kapolsek menambahkan, kebakaran itu dipicu oleh bara api yang tersisa dari pembakaran sampah.

"Siang harinya karyawan bersih-bersih dan membakar sampah di sekitar boks kontainer itu. Namun bara apinya masih ada sehingga saat angin kencang malam hari memicu kebakaran ini terjadi," tandasnya.

(br/tom/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia