Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Setengah Tahun, Pajak Reklame Sudah Tembus Rp 1,8 Miliar

Jumat, 27 Jul 2018 08:05 | editor : Fandi Armanto

reklame

SELALU DIPANTAU: Papan reklame yang ada di tepi jalur Surabaya-Malang tepatnya di Pandaan. Lantaran menjadi pemasukan, pemkab mengontrol masa izin pemasangan reklame agar tak terjadi kebocoran. (Dok Jawa Pos Radar Bromo)

PASURUAN–Sampai semester pertama di tahun 2018 ini, penerimaan pajak reklame di Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 1,8 Miliar dari target Rp 3 Miliar. Tingginya penerimaan ini lantaran Kabupaten Pasuruan terletak di jalur strategis lantaran banyak pengiklan di jalan raya.

Mokhammad Syafi’i, Kabid Pendataan, Penetapan dan Pelaporan Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan mengatakan sampai pertengahan tahun, penerimaan pajak reklame dinilai sudah cukup baik. Ini lantaran meskipun baru setengah tahun namun realiasi sudah melebihi target separo atau 61 persen.

“Penerimaan sampai semester pertama sudah tercapai 61 persen dari target. Dan ini memang sudah melebihi dari separo target,” jelasnya.

Tingginya penerimaan semester satu ini lantaran kegiatan pemasangan reklame memang cukup baik. Apalagi Kabupaten Pasuruan terletak di jalur ramai, seperti jalur Surabaya–Malang dan juga jalur ke Banyuwangi dan Bali. Karena tingginya jalur kendaraan membuat banyak pengiklan yang memasang di sepanjang jalur tersebut.

Kendati di tahun politik, kegiatan kampanye tidak berpengaruh kepada pajak reklame. Ini karena reklame politik bukan merupakan subjek yang dikenakan reklame. 

Pajak reklame ini sebgian besar dari produk komersial. Selain mendapatkan iklan dari produk perusahaan, juga spanduk dan baliho dari promosi dan kegiatan.

Karena penerimaan yang cukup baik pada semester satu lalu,  BKD Kabupaten Pasuruan optimistis target sebesar Rp 3 Miliar dapat tercapai. Angka itu bisa berubah karena BKD masih melihat kembali apakah target bisa dinaikkan pada Perubahan APBD mendatang. 

“Kalau bisa disesuaikan, mungkin bisa kami usulkan dalam PABPD mendatang,” pungkasnya. 

(br/fun/eka/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia