Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Ini yang Dilakukan Dinas Peternakan untuk Awasi Hewan Ternak

Kamis, 26 Jul 2018 13:30 | editor : Fandi Armanto

sidak, pengawasan, hewan kurban

RUTIN: Pantauan Dinas Peternakan terhadap penjual hewan ternak jelang Idul Adha di Kecamatan Bangil tahun lalu. (Dok. Radar Bromo)

BANGIL - Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pasuruan mulai melakukan pengawasan ternak dan persiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Pengawasan ternak itu seiring kian dekatnya hari raya Idul Adha.

Persiapan SDM itu bahkan dilakukan sebulan sebelum Idul Adha atau akhir Juli ini. Pengawasan tersebut khususnya untuk memberikan informasi antemortem atau pengawasan hewan kurban sebelum disembelih.

Irianto, Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan melalui Panti Absari, Kasi Kesmavet mengatakan bahwa sebulan sebelum Idul Adha. DPKP sudah mulai melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada takmir-takmir Masjid. Ini lantaran kegiatan penyembelihan nantinya akan banyak dilakukan di masjid.

“Sehingga akhir Juli ini kita sudah lakukan bimtek, dengan memberikan pengetahuan kepada takmir Masjid terkait antemortem,” jelasnya.

Nantinya antemortem bisa mendeteksi lebih awal terkait kesehatan hewan kurban. Seperti kesehatan kulit, gigi, sampai kelincahan hewan kurban. Harapannya hewan ternak yang sehat dan berkualitas yang disembelih.

“Termasuk juga memberikan informasi terkait postmortem, dimana setelah disembelih bisa mendeteksi hewan yang berpenyakit lewat organ dalamnya. Misal di hati terdapat cacing hati atau tidak sehingga layak konsumsi apa tidak,” terangnya.

Selain memberikan bimtek kepada Takmir Masjid, DPKP pada 2 minggu sebelum hari H akan melakukan pantauan ke tempat penjualan hewan ternak baik di pasar ternak ataupun di pinggir-pinggir jalan. Pada pantauan keliling oleh petugas DPKP ini juga memberikan pantauan dan himbauan agar penjual bisa menjaga kebersihan kandang dan kenyamanan hewan ternak.

(br/eka/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia