Senin, 19 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
PROBOLINGGO UNITED
Liga 3 Zona Jatim

Dikalahkan Gol Penalti Menit Akhir, Peluang Prob United Lolos Menipis

Kamis, 26 Jul 2018 08:10 | editor : Muhammad Fahmi

mesli, kiper, penjaga gawang, probolinggo united, pu, persipro, liga 3

PELUANG MENIPIS: Penjaga gawang Probolinggo United Mesli gagal menghalau tendangan penalti di menit akhir. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

JEMBER - Skuadra Probolinggo United (PU) sejatinya bisa mengunci tiket ke-16 besar, Rabu (25/7). Sayangnya, peluang lolos yang sudah di depan mata itu lepas.

Itu, tim dengan warna kebesaran oranye itu dikalahkan Jember United (JU) dengan skor tipis 0-1 di lapangan Scaba, Jember. Dengan kekalahan itu, untuk sementara Probolinggo United memang masih berada di peringkat kedua Liga 3 Zona Jatim Grup D. Dari 10 laga, Probolinggo United mengemas poin 17.

Tapi, posisi PU masih rentan tergusur. Sebab, pesaing terdekat, PSIL yang mengemas 16 poin, masih menyisakan satu laga. Yakni, melawan Jember United, Minggu (29/7).

Untuk lolos ke-16 besar sendiri, hanya dua tim teratas tiap grup yang akan diambil. Selain itu, bakal diambil peringkat 3 terbaik. Namun, untuk posisi peringkat 3 terbaik, PU juga dipastikan tak bisa. Sebab, kuota peringkat 3 terbaik berpeluang direbut PS Kota Pahlawan (Kopa) dari grup B yang mengemas 23 poin.

Kekalahan PU itu terasa semakin menyakitkan. Sebab, gol tuan rumah tercipta di injury time atau akhir laga. Lebih menyakitkan lagi, gol itu juga cukup kontroversial. Lewat hadiah penalti wasit.

Wasit menganggap kapten PU Imam Hambali melakukan handsball di menit ke 90. Keputusan wasit menentukan penalti juga agak terlambat. “Padahal, bola jalan terus. Saat penjaga gawang kami mau menendang, saat itu disemprit. Terus kami dihukum penalti soal handsball itu,” keluh Asisten Pelatih PU Soeharjono usai laga.

Mendapati hal itu, kubu PU pun sempat melancarkan protes keras pada wasit dan asisten wasit. Laga pun sempat dihentikan hingga sekitar 10 menit.

Meski mendapat protes keras, wasit tetap bergeming. Tim tuan rumah tetap mendapat hadiah penalti. Tuan rumah pun berhasil memaksimalkan penalti itu dengan torehan gol. Skor 1-0 jadi penutup akhir laga.

Soeharjono mengakui, peluang timnya untuk lolos ke babak 16 besar memang kecil. “Kami berharap tim PSIL juga kalah di laga terakhir lawan Jember United,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi PSSI Kota Probolinggo Slamet Riyadi mengatakan, hasil pertandingan di Jember (25/07) akan dilaporkan kepada Ketua Asosiasi PSSI Kota Probolinggo. Termasuk kronologi pertandingannya.

“Kami harus berdiskusi dan bermusyawarah, keputusan dilaporkan atau tidak, belum tahu,” terang Slamet Riyadi kepada Jawa Pos Radar Bromo Sport.

Usai dari Jember, manajemen sendiri memutuskan untuk tetap menggelar latihan rutin. “Sebelum ada hasil dari pertandingan antara Jember United lawan PSIL, insya Allah masih ada latihan,” jelasnya.


Klasemen Sementara Grup D Liga 3
       Tim                         Main        Menang    Seri     Kalah    Selisih Gol    Poin
1.    Persekabpas             10           8             2          -          19-2            26
2.    Probolinggo United     10           5             2          3         16-7            17
3.    PSIL Lumajang           9            4             4          1         19-10          16
4.    Putra Jombang           10          3              2          5         16-7           11
5.    Jember United            9             2            2           5         7-15           8
6.    Kresna FC                 10            1             -          9          3-39           3

(br/hil/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia