Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Tanpa Gugatan, KPU Segera Tetapkan Wali Kota-Wakil Wali Kota Terpilih

Rabu, 25 Jul 2018 16:30 | editor : Radfan Faisal

handal-brilian, habib hadi zainal abidin, dan mochammad soufis subri

AKAN DITETAPKAN: Paslon Hadi Zainal Abidin dan Mochammad Soufis Subri. (Dok. Radar Bromo)

MAYANGAN - KPU Kota Probolinggo memastikan, tidak ada tim paslon wali kota-wakil wali kota Probolinggo yang mengajukan gugatan sengketa hasil Pilkada ke MK. Kepastian itu didapat setelah KPU kota mendapat surat edaran dari KPU RI.

Surat edaran itu diterima KPU kota Selasa (24/7). Yaitu, Surat Edaran KPU RI nomor 739/PY.03-SD/03/KPU/VII/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih tanpa Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota.

Dalam SE tersebut, KPU Kota merupakan salah satu di antara 70 penyelenggara pilkada yang tidak menerima gugatan sengketa pilkada. Sedangkan MK telah menerima 70 permohonan perselisihan hasil pilkada dari 57 daerah.

Karena tidak ada gugatan ke MK, maka KPU Kota Probolinggo bisa segera menetapkan wali kota-wakil wali kota terpilih. “Proses penetapan pemenang pilkada menunggu hasil rekap permohonan perselisihan hasil pemilihan di MK. Jika tidak ada, maka bisa segera ditetapkan,” terang Ahmad Hudri, ketua KPU Kota Probolinggo.

Rencananya, penetapan pemenang pilkada kota akan dilakukan Kamis (26/7). “Untuk penetapan pemenang akan dilakukan Kamis di Balai Hinggil,” tambahnya.

Sementara pelantikan baru dilakukan 14 Maret 2019. Dengan demikian, akan ada kekosongan jabatan wali kota selama kurang lebih 2 bulan. Mengingat wali kota saat ini akan habis masa jabatannya pada Januari 2019.

(br/put/rf/rf/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia