Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Kraksaan

Jelang Idul Adha, Siapkan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Rabu, 25 Jul 2018 18:45 | editor : Fandi Armanto

sapi, hewan kurban, idul adha

ILUSTRASI: Hewan kurban. (Dok. Radar Bromo)

DRINGU - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo membagikan form penyembelihan hewan kurban. Formulir ini dibagikan kepada petugas teknis kecamatan untuk memudahkan pendataan hewan kurban.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veterine Nikolas Nuryulianto mengatakan, pemberian formulir itu bertujuan untuk pendataan hewan kurban. Serta, untuk pemeriksaan kesehatannya. “Seperti tahun lalu, sebelum dilakukannya penyembelihan hewan kurban, terlebih dulu dilakukan pembagian formulir ini untuk pendataan,” ujarnya.

Menurutnya, pemeriksaan antimortem dan fosmortem itu dilakukan pada saat Idul Adha. Sebelum datangnya Hari Raya Idul Kurban, para dokter hewan dan koordinator penyembelihan mendapat pembekalan. Yakni, selain diberikan formulir, mereka juga diberikan tata cara pemeriksaan yang harus dilakukan.

“Mereka harus diberitahu dulu caranya seperti apa. Setelah mereka tahu, nanti dokter hewan dan koordinator ini akan menyampaikan kepada petugas teknis di kecamatan,” ujar Nikolas.

Hewan kurban yang diperjualbelikan para pedagang juga tak luput dari perhatian. Nantinya, kesehatan hewan itu juga akan diperiksa. Pemeriksaan ini akan dilakukan sekitar dua sampai seminggu menjelang Idul Adha. “Saat ini belum. Kan saat ini belum ada yang jualan. Nanti kurang dua minggu kami lakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan untuk mengetahui hewan kurban yang diperjualbelikan pedagang mengandung penyakit atau tidak. Jika ditemukan berpenyakit, akan dilarang untuk dijual. “Masak hewan berpenyakit dijual. Kalau sudah sembuh dan sehat, serta tidak membahayakan yang mengonsumsi, nanti tidak masalah dijual,” ujarnya.

(br/sid/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia