Senin, 19 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Dari Puluhan Titik, Pembenahan Irigasi Baru Terealisasi 12 Persen

Rabu, 25 Jul 2018 14:45 | editor : Fandi Armanto

saluran irigasi

Ilustrasi (Dok. Radar Bromo)

BANGIL - Pembenahan jaringan irigasi di wilayah Kabupaten Pasuruan mulai direalisasikan tahun ini. Hanya saja, sampai pertengahan tahun ini, pembenahan belum menyentuh seluruh titik yang sudah direncanakan.

Kabid Perencanaan dan Pembangunan Dinas PU Sumberdaya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Djujuk Setijowibowo menjelaskan, pembenahan jaringan irigasi mulai digulirkan. Pelaksanaannya dimulai pascalebaran, beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, diakuinya belum sepenuhnya proyek yang ada terselesaikan. Karena baru 12 persen proyek miliaran rupiah itu digarap. “Masih baru proses pengerjaan fisik. Sekarang baru 12 persen yang terselesaikan,” kata Djujuk.

Namun, dia optimistis, pembenahan jaringan irigasi itu selesai tepat waktu. Yaitu, tiga bulan hingga empat bulan ke depan. Sehingga, paling tidak Oktober atau November seluruh pekerjaan bisa diselesaikan.

“Targetnya masih terbilang panjang. Sebelum akhir tahun, harus sudah diselesaikan,” tambahnya.

Rehab jaringan irigasi itu sendiri, tahun ini ditargetkan dilakukan di 42 titik. Dana sekitar Rp 13 miliar pun disiapkan untuk pengerjaan proyek ini. Bukan hanya dari APBD 2018 Pemkab Pasuruan, namun juga dari DAK.

Rehab dan peningkatan jaringan irigasi tersebut, tersebar di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Seperti di wilayah Prigen, Rembang, dan beberapa titik lainnya. Harapannya, perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi itu memaksimalkan fungsi sarana irigasi yang ada.

(br/one/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia