Senin, 19 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Kraksaan

Angin Berhembus Kencang, Waspadai Pohon Tumbang saat di Jalan

Rabu, 25 Jul 2018 18:30 | editor : Fandi Armanto

pohon tumbang, pohon roboh

BERBAHAYA: Seorang warga memaksa melintas di kolong pohon tumbang yang menutup jalan di Desa Selogudig Wetan, Kecamatan Pajarakan, beberapa waktu lalu. (Dok. Radar Bromo)

KANIGARAN - Terjadinya angin kencang di wilayah Probolinggo, sejak beberapa hari terakhir, menjadi perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. BPBD menyebut adanya angin kencang ini berpotensi menyebabkan pohon tumbang. Karenanya, warga diminta waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan, pihaknya terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada. Sebab, adanya angin kencang yang terjadi beberapa hari ini bisa mengakibatkan bencana berupa pohon tumbang. “Kami harapkan warga yang rumahnya di tepinya ada pohon, agar selalu waspada. Sebab, saat ini masih musim angin kencang,” ujarnya.

Anung mengatakan, angin kencang ini merupakan angin musiman yang terjadi di Probolinggo. Kedatangannya sudah bisa dipastikan setiap tahun. Sehingga, bukan hanya warga yang diharapkan waspada, melainkan para pengguna jalan. “Pengguna jalan juga harus waspada. Soalnya, banyak pohon dipinggir jalan yang rantingnya sudah lebat,” ujarnya.

Agat tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pohon tumbang, Anung mengaku, akan melakukan beberapa upaya. Salah satunya memotong ranting pohon secara berkala. Ini, juga merupakan program tahunan yang dilakukan oleh BPBD.

“Yang jelas, ada upaya untuk penanggulangannya. Salah satunya memangkas ranting pohon di pinggir jalan. Tapi, kadang sebelum kami potong biasanya sudah dibantu PLN yang juga melakukan pemotongan,” ujarnya.

(br/sid/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia