Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Tak Ada Gugatan, Ini Jadwal Penetapan dan Pelantikan HATI

Selasa, 24 Jul 2018 11:00 | editor : Muhammad Fahmi

tantri, puput tantriana sari, timbul prihanjoko, hati, pilbup probolinggo, menang

Calon Bupati Puput Tantriana dan Calon Wakil Bupati Timbul Prihanjoko. (Dok. Radar Bromo)

KRAKSAAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo memastikan Pilbup Probolinggo 2018 telah tuntas. Karenanya, direncanakan penetapan calon bupati terpilih di Gedung Islamic Center Kraksaan, Kamis (26/7).

Penetapan pasangan calon (paslon) terpilih dalam Pilbup Probolinggo, itu dilakukan setelah tidak adanya gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga, gelaran pesta demokrasi pada 27 Juni itu dipastikan telah tuntas dan tidak ada masalah.

Hasil rekapitulasi perhitungan suara Pilbup Probolinggo, tingkat KPU pada 4 Juli perolehan suara paslon Puput Tantriana Sari-Timbul Prihanjoko (HATI) unggul dibanding paslon A. Malik Haramain-Muzayyan Badri (MMC). HATI memperoleh 345.473 suara dan paslon MMC mendapatkan 254.337 suara.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Muhammad Zubaidi mengaku, telah menuntaskan gelaran pesta demokrasi 5 tahunan di Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya, pihaknya tinggal menetapkan paslon terpilih sesuai hasil rekapitulasi perhitungan suara pada Juli 2018.

“Kamis besok rencana kami akan adakan penetapan pasangan calon terpilih. Sesuai tahapan, tinggal penetapan pasangan calon terpilih,” katanya.

Terpisah, Ketua Panwaslu Kabupaten Probolinggo Zaini Gunawan mengatakan, penetapan paslon terpilih dalam Pilbup Probolinggo, bisa dilakukan saat tidak ada gugatan yang masuk ke MK. Sejauh ini, pihaknya tidak pernah menerima pemberitahuan adanya gugatan masuk ke MK. Karenanya, dipastikan pelaksanaan pilbup telah selesai dan tidak ada masalah.

“Jika memang ada gugatan seharusnya batas waktu pengajuan gugatan 3 hari (kerja) pasca penetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pilbup tingkat KPU pada 4 Juli lalu,” ujarnya.

Pasangan HATI memenangi Pilbup Probolinggo 2018 berdasarkan rekapituliasi KPU. Berdasarkan surat Pemprov Jatim perihal pengesahan pengangkatan dan pemberhentian bupati/wakil bupati tertanggal 16 Juli 2018, paslon HATI akan dilantik pada 20 September 2018.

Paslon HATI akan dilantik bersama pemenang pilkada di 11 kabupaten/kota lain di Jatim. “Sesuai surat dari Pemprov Jatim, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih tanggal 20 September di Grahadi Jatim,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

(br/mas/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia