Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Radar Bromo Events
Kademangan Bangkit Award 2018

Nih Dia, Dua RW Pertama yang Serahkan Proposal Kampung Tematik

Sabtu, 21 Jul 2018 07:30 | editor : Muhammad Fahmi

kademangan bangkit, lomba kampung tematik

PROPOSAL: RW IV Kelurahan Triwung Kidul saat menyerahkan proposal Lomba Kampung Tematik, Jumat (20/7). RW IV Kelurahan Kademangan, juga menyerahkan proposal. (Inayah/Radar Bromo)

KADEMANGAN - Lomba Kampung Tematik, Kademangan Bangkit Award 2018, memasuki tahap pembuatan dan pengumpulan proposal. Tahap ini dimulai pada 16 Juli sampai 31 Agustus.

Jumat (20/7), dua RW menyerahkan proposal. Keduanya yaitu, RW IV, Kelurahan Triwung Kidul dan RW IV, Kelurahan Kademangan, Kota Probolinggo.

RW IV, Kelurahan Triwung Kidul menyerahkan proposal dengan tema Kampung Sangkar Burung ‘Bangkit Jaya.’ Sedangkan RW IV, Kelurahan Kademangan, menyerahkan proposal dengan tema Kampung Kerupuk Blok Jurang.

Mewakili RW masing-masing, para peserta menyerahkan satu hard copy proposal ke kantor Jawa Pos Radar Bromo, Jumat (20/7). Mereka lantas mendapatkan tanda terima sudah menyerahkan proposal.

Suyuthi, 50, Ketua RW IV, Kelurahan Triwung Kidul yang mengumpulkan proposal mengatakan, RW yang dipimpinnya sengaja ikut lomba yang digelar Kecamatan Kademangan bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo ini. Tujuannya, untuk mendongkrak potensi di wilayahnya.

Sebab, di kampungnya, ada beberapa potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya yakni pembuatan sangkar burung. Produksi rumahan ini sudah dipasarkan sampai keluar daerah. Yakni, Pasuruan hingga ke Paiton.

Potensi inilah yang diangkat dalam lomba Kampung Tematik. Yaitu, dengan mengambil tema ‘Kampung Sangkar Burung Bangkit Jaya.

“Potensi yang bisa diangkat dan lebih menonjol yakni pembuatan sangkar burung. Sehingga, kami sepakat untuk mengangkat hal tersebut,” bebernya.

Sangkar burung dengan bahan baku bambu menurutnya, memiliki ciri khas tersendiri. Sebab, jarang ditemukan di RW se-Kecamatan Kademangan yang memiliki produk rumahan sangkar burung. Sehingga, ia optimistis dapat meraih nominasi juara.

“Untuk sangkar burung ini saya rasa di RW se-Kecamatan Kademangan jarang ada. Makanya, kami optimis untuk menang. Selain itu, tujuannya yakni untuk mengangkat potensi yang ada di kampung juga,” terangnya.

Sementara itu, Kampung Kerupuk jadi tema yang diangkat RW IV, Kelurahan Kademangan. Pertimbangannya, RW IV punya potensi produksi olahan kerupuk. Khususnya di Blok Jurang.

Bahkan, perajin kerupuk cukup banyak. Jumlahnya mencapai 30 orang dengan tiap perajin mempekerjakan sekitar 15 karyawan. Praktis, produksi kerupuk di wilayah ini menjadi salah satu penunjang ekonomi warga.

(br/rpd/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia