Selasa, 20 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Hukum & Kriminal

Jual Pil Koplo ke Polisi, Pemuda Balongbendo Ditangkap

Kamis, 19 Jul 2018 12:00 | editor : Muhammad Fahmi

pengedar pil koplo

TERCYDUK: Rio Aprilliyanto (membelakangi kamera) saat diperiksa penyidik Satnarkoba Polres Pasuruan. (Istimewa)

BANGIL - Lika-liku Rio Aprillyanto, warga Dusun Beron, Desa Watuberon, Kecamatan Balungbendo, Kabupaten Sidoarjo dalam mengedarkan pil terlarang, berakhir. Itu, setelah pemuda 24 tahun ini kedapatan tangan polisi mengedarkan pil terlarang.

Ia diciduk anggota Satreskoba Polres Pasuruan, Selasa malam (17/7). Saat itu, ia baru saja menyerahkan butiran-butiran pil koplo itu ke pembeli. Ia tak menyadari, kalau pembeli yang dihadapinya adalah polisi.

Kasatreskoba Polres Pasuruan AKP Nanang Sugiyono menyampaikan, penangkapan itu dilangsungkan sekitar pukul 19.30. Penangkapan bermula dari informasi yang didapatkan petugas, kalau tersangka kerap menjual pil Y.

Berangkat dari situ, petugas bergerak melakukan penyelidikan. Penyelidikan itu dilakukan dengan cara penyamaran. Layaknya orang kecanduan pil, petugas berlagak seperti orang yang membutuhkan barang.

Rupanya, penyamaran itu membuahkan hasil. Buktinya, tersangka tak menyadari kalau yang membeli barangnya adalah polisi. Transaksi pun berlangsung, di wilayah Kepulungan, Kecamatan Gempol. "Setelah ia menyerahkan barang, langsung kami tangkap dan lakukan pengembangan," kata Nanang.

Menurut Nanang, petugas mendapati 10 pil koplo saat penangakapan awal. Selanjutnya, dalam pengembangan yang dilakukan ada temuan 590 pil Y lain di almari rumah tersangka.

Atas temuan itulah, tersangka digelandang ke Mapolres Pasuruan untuk pemeriksaan. Kepada petugas, tersangka mengaku sudah 4 tahun terakhir mengenal pil koplo tersebut. "Ia menjadi pengedar untuk menambah kebutuhan sehari-hari," sambungnya.

Kini, karena perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal 197 subsider pasal 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancamannya, bisa 10 tahun penjara.

(br/one/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia