Senin, 10 Dec 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Hampir Semua Bacaleg yang Mendaftar Dinyatakan BMS

19 Juli 2018, 04: 30: 59 WIB | editor : Muhammad Fahmi

pileg, pemilu legislatif, 2019, pemilu

Ilustrasi (Dok. Radar Bromo)

KRAKSAAN - Hingga batas akhir pendaftaran Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, ada 14 partai politik (parpol) yang telah mendaftar bakal calon legislatif (bacaleg) di kantor KPU Kabupaten Probolinggo. Sedangkan dua parpol dipastikan tidak ikut dalam proses pileg tahun depan. Yaitu, PKPI dan Partai Garuda.

“Kami masih belum tahu berapa total nama bakal calon yang daftar. Termasuk siapa-siapa saja belum. Karena masih tahap verifikasi,” katanya Muhammad Isfak Yulianto, selaku divisi teknis KPU Kabupaten Probolinggo.

Pria yang akrab disapa Isfak itu mengatakan, 14 parpol telah datang dan mendaftarkan para bacaleg dari parpol mereka masing-masing. Dalam proses pendaftaran itu, syarat pencalonan dari 14 parpol telah memenuhi syarat. Namun, kini pihaknya tengah menverifikasi persyaratan tiap calonnya.

Isfak menjelaskan, pihaknya masih memverifikasi syarat-syarat tiap calon. Selanjutnya, jika ada syarat bacaleg yang belum lengkap, untuk diperbaiki selama masa perbaikan. Yaitu, tangggal 22 Juli sampai 31 Juli. Selanjutnya, diumumkan sebagai daftar calon sementara (DCS) di masing-masing daerah pemilihan (dapil).

“Para calon masih memiliki kesempatan dalam masa perbaikan. Baru kemudian ditetapkan sebagai DCS dan diumumkan untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat,” terangnya.

Ainol, komisioner KPU Kabupaten Probolinggo mengatakan, dari 14 parpol yang telah mendaftarkan, pihaknya masih menverifikasi seluruh bacaleg satu persatu. Namun, dari seluruh bacaleg itu, hampir semuanya belum memenuhi syarat (BMS). Karena masih ada persyaratan calon yang belum dipenuhi. ”Hampir semuanya belum melengkapi surat keterangan kesehatan rohani,” ungkapnya.

(br/mas/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia