Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Features

Inilah Pasar Ikan di Kedungboto-Beji yang Diproyeksi Jadi Pasar Wisata

Rabu, 18 Jul 2018 13:00 | editor : Fandi Armanto

pasar ikan desa kedungboto

SIAPKAN REST AREA: Suasana di pasar ikan Kedungboto, Beji, saat sore hari. (Iwan Andrik/Radar Bromo)

KEBERADAAN pasar ikan di Desa Kedungboto, Beji, terus menggeliat. Pemerintah desa (pemdes) setempat pun mulai melirik untuk mengembangkan potensi itu.

-------------

Jumlah pedagang di pasar ikan Kedungboto, Kecamatan Beji, terus bertambah. Dari yang semula hanya belasan, kini menjadi puluhan. Barang yang diperdagangkan pun kian beragam.

Bukan hanya ikan segar ataupun ikan bakar. Tetapi juga pedagang makanan. Seperti bakso dan beragam jajanan lainnya. Hal ini, membuat kawasan setempat semakin ramai.

Situasi ramai itu, terlihat saat weekend tiba. Banyak warga berdatangan ke pasar setempat. Baik untuk membeli ikan ataupun sekadar jalan-jalan.

Kepala Desa Kedungboto, Kecamatan Beji, Subandi menyampaikan, pasar ikan Kedungboto memang menjadi sentra ikan di Beji. Ada puluhan pedagang ikan yang memperdagangkan barangnya.

Baik ikan segar ataupun ikan asap yang banyak diburu pembeli. “Pembeli berdatangan tidak hanya dari daerah Beji. Tetapi juga Bangil, Pasuruan, hingga Sidoarjo dan beberapa daerah lainnya,” sampainya.

Keberadaan pasar ikan di Desa Kedungboto memang menjadi penggerak ekonomi warga. Mereka bisa memperdagangkan berkilo-kilo ikan kepada pembeli. Bukan tidak mungkin, pedagang di wilayah setempat bisa semakin sejahtera dengan geliat ekonomi di pasar setempat.

Menurut Subandi, pemerintah desa terus mendorong agar keberadaan pasar setempat semakin banyak dikunjungi. Salah satu upaya yang akan dilakukan, dengan pembangunan rest area di wilayah setempat.

Keberadaan rest area itu, diharapkan bisa mendorong peningkatan kunjungan ke pasar ikan Kedungboto. Sehingga, pasar ikan Kedungboto tidak sekadar menjadi sarana perdagangan ikan.

Lebih dari itu, bisa menjadi jujukan wisata. Seperti wisata kuliner. “Kami mengancang-ancang untuk membangun rest area di sekitaran area pasar ikan. Harapannya, bisa mendorong geliat kunjungan pasar. Mudah-mudahan juga, bisa menjadikan pasar ikan Kedungboto, sarana wisata. Misalnya, wisata kuliner,” sambung dia.

Karena dengan menjadikan wisata kuliner, tentu akan memunculkan pelaku-pelaku UKM baru. Dengan begitu, bakal banyak warga di Desa Kedungboto, tergerak ekonominya.

“Harapan kami, memang bisa mengurangi pengangguran di Desa Kedungboto. Bentuknya, dengan munculnya usaha-usaha baru di bidang perdagangan,” jelasnya.

(br/one/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia