Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Suami Kok Kayak Tuyul, Suka Curi Duit Cadangan di Lemari

Selasa, 17 Jul 2018 06:00 | editor : Fandi Armanto

ono-ono ae, tole, minthul, tuyul

Ilustrasi (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

ENTAH apa maksud Tole (nama samaran), 31, warga Rembang, Pasuruan, yang masih sering saja ngentit atau mengambil diam-diam duit istrinya, Minthul (juga nama samaran), 28. Padahal, Tole sudah dijatah lebih dari cukup untuk kebutuhan lain-lain. Tapi, entah mengapa masih saja sering mengambil duit istrinya diam-diam.

Kecewa karena Tole tak jujur, pernikahan keduanya harus berakhir di Pengadilan Agama. Minthul benar-benar kecewa dengan tingkah laku suaminya tersebut. Padahal, Minthul sempat mengira ada pencuri atau tuyul lantaran duit yang disimpan diam-diam di lemari sering kali berkurang sendiri.

“Awalnya saya gak nyadar. Tapi, kalau saya perhatikan jumlahnya kok berkurang sendiri, padahal saya ingat gak saya pakai,” jelasnya.

Minthul dan Tole sendiri adalah sama-sama buruh pabrik. Sempat pacaran setahun, akhirnya mereka serius ke jenjang pernikahan. Dari awal, Minthul sudah meminta agar dirinya yang mengelola keuangan keluarga. Sehingga, mau atau tidak, Tole harus memberikan gajinya semua untuk Minthul.

Tentu saja Minthul tidak tega sampai suaminya tidak membawa uang sepeserpenpun. “Tentu saya kasih duit bensin dan rokok, termasuk duit buat jajan lah. Jadi gak melas-melas banget,” ujarnya.

Apalagi Tole selalu saja mengeluh, duit pemberian Minthul kurang. Sehingga daripada ribut, Minthul memberikan hampir sepertiga gaji Tole untuk pegangan.

Minthul mengaku tidak masalah karena dari gaji mereka berdua cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Termasuk membantu makan keluarga Minthul.

Kendati pemberian “uang laki-laki” ini sudah besar, tapi ada yang mengganjal. Ini, lantaran sudah beberapa kali duit yang disimpan Minthul sebagai uang cadangan sewaktu-waktu, selalu saja berkurang.

“Jadi selain di ATM, ada uang yang saya simpan di lemari kalau untuk kebutuhan mendesak. Tapi, kok saya perhatikan sering kali berkurang sendiri jumlahnya,” jelasnya.

Awalnya Minthul cuek saja. Namun, karena sering terjadi, Minthul sempat curiga ada yang mengambil. Mau menuduh suami sendiri, Minthul awalnya gak berani. Tapi kalau menuduh orang rumah selama tinggal bersama, sebelum menikah tidak pernah ada masalah.

“Sampai akhirnya saya inisiatif kunci pintu kamar, eh tetap saja berkurang sendiri,” jelasnya.

Padahal dari pantauannya, memang hanya Tole yang bisa keluar masuk. Sampai sempat Minthul menuduh ada tuyul yang jelas tidak masuk akal. Akhirnya, Minthul mencoba memperhatikan tingkah laku suaminya. Saat libur, Minthul sengaja tetap mengunci pintu. Pas suaminya datang dari nyangkruk dan keluar lagi, Minthul lalu mengecek total hasil duit simpanan.

“Dan ternyata berkurang, saya langsung saja menanyakan ke Tole. Eh, Tole malah langsung ngaku katanya emang dia yang ngambil,” jelasnya.

Entah apa tujuannya, tapi Tole beralasan dirinya butuh duit buat jajan. Namun selama ini Tole sendiri gak pernah mengaku ambil duit, bahkan hal ini sempat jadi tuduh menuduh di keluarga Minthul.

Karena itu, pertengkaran besar pun terjadi. Minthul akhirnya tak segan mengusir Tole lantaran kecewa karena sampai mencuri duit istri sendiri.

“Bukannya saya membesar-besarkan masalah, soalnya sudah hampir setahun duit dicuri terus tapi gak ngaku. Eh, sekalinya ketahuan langsung ngaku dan seperti tidak merasa bersalah,” jelasnya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia