Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Radar Bromo Events

RW Mulai Kumpulkan Bahan untuk Kampung Tematik

Minggu, 15 Jul 2018 08:15 | editor : Radfan Faisal

kademangan bangkit, lomba kampung tematik

PERSIAPAN: Sejumlah RW menyiapkan diri sebelum mengikuti lomba. (Rizky Putra Dinasti/Radar Bromo)

KADEMANGAN - Tahap pendaftaran Lomba Kampung Tematik, Kademangan Bangkit Award 2018, sudah rampung. Kini, sejumlah RW sebagai peserta dalam lomba gelaran Kecamatan Kademangan dan Jawa Pos Radar Bromo, ini mulai melakukan persiapan lomba.

Seperti yang dilakukan di RW 4 dan 7, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan. Ketua RW 7, Ana Sri W mengatakan, saat ini warganya mulai melakukan persiapan lomba. Warga mulai mengumpulkan bahan untuk menata kampung sesuai dengan tema yang sudah dipilih.

Warganya menurut Ana, mengumpulkan sejumlah bahan bekas. Seperti plastik, botol, dan kardus. “Untuk persiapan lomba, saat ini sudah 30 persen. Adapun kegiatannya yakni mulai pengumpulan bahan,” bebernya.

Pengumpulan bahan bekas dilakukan sesuai dengan tema yang dipilih untuk ikut lomba. Yaitu, Kreasi Rusunawa Semeru berbasis daur ulang. Tema ini dipilih karena sampah masih menjadi masalah di Rusunawa Semeru.

Tumpukan sampah di Rusunawa Semeru tak jarang menggunung. Karena itu, warga sepakat memanfaatkan sisi lain sampah. Yaitu, mengolah sampah menjadi bahan yang memiliki nilai ekonomis.

Hal senada diungkapkan Putin Sriwahyuni, salah satu anggota RW 4 Kelurahan Triwung Kidul. Menurutnya, persiapan yang dilakukan di RW-nya sudah 50 persen. “Untuk persiapan sudah mencapai 50 persen,” terangnya.

Sejauh ini menurutnya, belum ada kendala signifikan dalam persiapan lomba. Mengingat bahan baku yang digunakan mudah didapat, yakni bambu.

Dengan lomba ini, dia berharap kampungnya bisa menang. Jika kampungnya menang, paling tidak dapat meningkatkan perekonomian warganya.

Ana dan Putin pun berharap RW mereka bisa masuk nominasi dan memenangkan lomba. Dan yang terpenting, dengan kegiatan ini minimal kampungnya setingkat lebih maju.

“Yang mulanya tak ada kegiatan, kini warga sibuk dengan kegiatan yang bertujuan mendongkrak potensi di kampung,” pungkas Ana dan Putin.

(br/rpd/rf/rf/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia