Senin, 19 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Selama 6 Bulan 25.876 Sapi Disuntik IB, Padahal Targetnya Segini

Sabtu, 07 Jul 2018 16:00 | editor : Fandi Armanto

sapi, peternak, peternakan, sapi potong, penggemukan

POTENSI: Peternak sapi di kawasan Purwosari merawat hewan ternaknya. (Dok. Radar Bromo)

BANGIL - Kabupaten Pasuruan tahun ini menargetkan 53 ribu sapi betina disuntik inseminasi buatan (IB). Hal itu untuk mendukung program pemerintah melakukan swasembada daging dengan memperbanyak sapi betina bunting lewat IB.

Nah, sampai semester awal, dari target 53 ribu sapi disuntik IB itu, tercatat sudah ada 25.876 sapi yang disuntik IB. Tak sampai dari separo target tahun ini.

Ari Widodo, kabid produksi pada Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan menjelaskan, tahun ini target IB memang meningkat ketimbang 2017 lalu. Sebelumnya, target IB hanya 50 ribu ekor sapi. Tahun ini, ada kenaikan 3 ribu sapi.

“Untuk tahun ini target sapi betina yang disuntik IB memang meningkat, meskipun secara realisasi tahun lalu justru sapi betina yang disuntik mencapai 64 ribu sapi,” jelasnya.

Program memperbanyak sapi betina bunting ini sendiri adalah program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang digagas sejak 2017. Di Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu lumbung populasi sapi pun diberikan kuota untuk program ini.

Sejak Januari lalu, Dinas Peternakan sudah rutin melakukan suntik IB. Dan, tercatat sampai semester pertama atau akhir Juni lalu sudah ada sebanyak 25.876 sapi betina yang disuntik.

Dikatakan Ari Widodo, memang tidak semua sapi betina yang disuntik bisa bunting. Butuh waktu sekitar 3 bulan untuk diketahui apakah sapi yang disuntik IB itu bunting atau tidak. “Dengan IB, harapannya bisa lebih banyak sapi betina yang bunting sehingga meningkatkan populasi,” jelas Ari.

Meskipun baru 48 persen yang diinseminasi buatan, Ari optimistis target hingga 53 ribu bisa tercapai sampai akhir tahun. “Ini, lantaran saat Ramadan lalu, untuk program IB memang agak menurun. Sehingga, setelah Juli ini kita genjot lagi. Dan, harapannya bisa selesai targetnya sampai 53 ribu sapi betina yang disuntik IB,” jelasnya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia