Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Radar Bromo Events

Kampung Tematik Kademangan Bangkit Direspons Positif, Ini Tahapannya

Kamis, 05 Jul 2018 14:42 | editor : Muhammad Fahmi

SOSIALISASI: GM Jawa Pos Radar Bromo HA. Suyuti saat menyampaikan tahapan kampung tematik antar RW Kademangan Bangkit, Rabu (4/7).

SOSIALISASI: GM Jawa Pos Radar Bromo HA. Suyuti saat menyampaikan tahapan kampung tematik antar RW Kademangan Bangkit, Rabu (4/7). (Rizky Putra DInasti/ Radar Bromo)

KADEMANGAN–Sosialisasi lomba Kampung Tematik Antar RW gelaran Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo, kembali digelar. Sosialisasi kedua itu, dilaksanakan di kantor Jawa Pos Radar Bromo, Rabu (4/7). 

Sosialisasi berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 10.30. Dalam kesempatan itu, Camat Kademangan Pujo A. Satrio, GM Radar Bromo H.A Suyuti, dan perwakilan dewan juri. Yaitu, Darmanto dan Ach. Syaifuddin Abdilah nampak hadir. 

Hadir pula perwakilan tiap kelurahan, juga puluhan ketua RW se-Kecamatan Kademangan. 

Lomba yang dikemas dalam bentuk Kademangan Bangkit Award 2018 itu, bertujuan untuk menguatkan menggali potensi daerah. Para undangan pun menyambut positif lomba yang baru digelar pertama kali ini. 

Terbukti, banyak tanggapan dan masukan dari undangan dalam pelaksanaan kegiatan, pagi kemarin. Hal itu seperti yang disampaikan Totok, dari RW 4. 

Totok mengusulkan, agar Kademangan Bangkit  Award yang digelar mulai 9 Juli itu, tidak melombakan tampilan. “Artinya, lomba yang digelar ini bukan menilai bagus tidaknya penampilan kampung. Namun, lebih mengedepankan konsep. Mengingat dana di RW sangat kecil,” tuturnya. 

Baru pemenangnya nanti, mendapatkan dana pembinaan dengan merealisasikan konsep yang sudah digagas. “Tentunya nanti ada monitoring tersendiri, apakah dana pembinaan itu benar digunakan untuk merealisasikan konsep yang ada atau tidak,” terangnya.

Masukan itu ditanggapi baik oleh Darmanto, salah satu juri yang hadir. Namun, menurutnya, tujuan utama kegiatan itu sebetulnya bukan lomba semata. Melainkan lebih pada cara masyarakat me-manage lingkunganya dengan baik. Sehingga, nantinya tidak akan ada siapa yang menang dan kalah. 

“Ada tujuan yang lebih utama daripada hanya sebatas lomba. Namun, nantinya yang akan dinilai yakni sejauh mana  proses yang telah dilakukan. Bukan hanya melihat hasil semata,” tutur Pak Dar, panggilannya. 

Misalnya, sebuah RW mempunyai dana sangat minim. Namun, warganya banyak yang potensial dan suka menari. “Maka, silakan garap bagian itu. Proses inilah yang menjadi penting. Bukan hanya hasil semata,” imbuhnya. 

Nantinya, lomba sendiri diikuti seluruh RW se-Kecamatan Kademangan. Setiap RW diwakili oleh 1 tim yang terdiri atas 5 orang. 

JADWAL KEGIATAN

• Sosialisasi tahap I 6 Juni 2018

• Sosialisasi tahap II 4 Juli 2018

• Pendaftaran 9 – 14 Juli 2018

• Pembuatan dan pengumpulan konsep kampung tematik

16 juli – 31 Agustus 2018 di kantor Jawa Pos Radar Bromo

• Penelitian konsep kampung tematik

3 – 8 September 2018

•Presentasi tim

12 – 18 September 2018 di kantor Jawa Pos Radar Bromo

•Kunjungan lapang

20 – 26 September 2018

•Penilaian

27 September 2018 di kantor Jawa Pos Radar Bromo

• Penyerahan Hadiah

Malam Penganugerahan, 3 Oktober 2018. 

(br/mie/rpd/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia