Selasa, 20 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Bersyukurnya Pegawai Pemkab, Usai THR, Gaji ke 13 Mulai Dicairkan

Selasa, 03 Jul 2018 11:00 | editor : Fandi Armanto

tunjangan hari raya, thr, uang

Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)

PASURUAN - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pasuruan dapat tersenyum lega. Ini, lantaran sejak Senin (2/7), ASN tak hanya mendapatkan pencairan gaji bulanan, tapi juga gaji ke 13.

Besaran gaji ke 13 ini adalah sama persis seperti besaran THR lalu. Yaitu, gaji pokok plus tunjangan yang biasanya didapatkan saat awal bulan.

Luly Noermadiono, kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa gaji ke 13 ini memang sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait teknis pencairan gaji ke 13 dan Tunjangan Hari Raya (THR). Untuk gaji ke 13 dipastikan sudah dicairkan sejak Senin (2/7).

“Mulai hari ini (Senin) sudah mulai dicairkan. Sehingga, ASN tidak hanya mendapatkan gaji bulan Juli, tapi juga gaji ke 13,” jelasnya.

Luly menjelaskan bahwa gaji ke 13 ini adalah untuk kebutuhan sekolah atau pendidikan. Sehingga, pencairan sendiri diberikan saat awal Juli ini atau tepat saat memasuki penerimaan siswa baru.

Terkait besaran gaji ke 13, Pemkab Pasuruan memberikan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah. Sehingga, total sebesar Rp 52 miliar yaitu dengan perhitungan gaji pokok dan juga tunjangan lain seperti tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan perbaikan penghasilan.

“Besarnya hampir sama seperti THR lalu sebesar Rp 52 miliar berkurang sedikit. Dikurangi yang purnatugas,” jelasnya.

Luly menjelaskan, untuk gaji ke13 sudah mulai cair dan juga gaji bulan Juli. Sedangkan untuk Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) bulan Juni masih dihitung di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan kedisiplinan pegawai.

“Untuk hari ini (Senin), yang dari komponen gaji dan tunjangan sudah cair. Sedangkan TPP bulan Juni hari ini minimal sudah cair. Karena masih ada OPD yang menghitung, tapi yang pasti segera cair juga,” pungkasnya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia