Senin, 19 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Selesaikan Rapat Pleno PPK, Begini Suasananya

Sabtu, 30 Jun 2018 05:00 | editor : Fandi Armanto

penghitungan, rekap, suara, ppk, pilwali probolinggo

LEBIH DAHULU: Suasana rapat pleno PPK di Kecamatan Mayangan, Kamis (28/6). Kecamatan ini lebih cepat sehari menggelar rapat pleno rekapitulasi. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

PROBOLINGGO - Proses rapat pleno rekapitulasi di tingkat PPK sebagian besar dilakukan Jumat (29/6). Empat PPK tersebut antara lain PPK Kanigaran, PPK Wonoasih, PPK Kedopok, dan PPK Kademangan. Hanya 1 PPK yang melakukan rekapitulasi pada hari Kamis (28/6) yaitu PPK Mayangan.

Perbedaan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi ini diakui Basith, ketua PPK Wonoasih. Dia mengatakan, di tempatnya rapat pleno baru bisa dilakukan Jumat.

Saat dibandingkan dengan PPK Mayangan yang lebih cepat, menurutnya, karena jumlah panel PPK lebih banyak di PPK Mayangan. "PPK Mayangan ada 3 panel. Sedangkan PPK Wonoasih hanya 2 karena lokasinya terbatas untuk 3 panel,” jelasnya.

2 PPK yaitu PPK Kademangan dan PPK Kedopok juga terpantau melakukan rapat pleno setelah pukul 13.00. Sedangkan PPK Kanigaran telah menyelesaikan rapat pleno sebelum pukul 11.30.

Seperti di PPK Kademangan, rencananya rapat pleno akan dilaksanakan pada pukul 12.30. Namun, sampai pukul 13.05 rapat pleno masih belum dimulai.

Pelaksanaan rapat pleno di Kecamatan Kademangan dihadiri oleh PPS, Panwas, serta sejumlah saksi dari perwakilan paslon cagub-cawagub serta cawali-cawawali. Baru sekitar pukul 13.15. Rapat pleno dimulai.

Rapat pleno diawali dengan pembacaan hasil rekapitulasi PPS se-Kecamatan Kademangan. Diawali dengan pembacaan rekapitulasi PPS untuk Pemilihan Gubernur. Dalam proses rekapitulasi suara calon gubernur-wakil gubernur di PPK Kademangan tidak ada sanggahan. Baik dari Panwascam maupun dari saksi cagub-cawagub.

Namun, sempat terjadi kesalahan proses penghitungan oleh PPK. Namun, segera diperbaiki dengan kesepakatan saksi dari paslon gubernur serta Panwascam untuk dilakukan pencoretan dan mengganti dengan hasil penghitungan yang tepat.

(br/put/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia