Rabu, 23 Jan 2019
radarbromo
icon-featured
Radar Bromo Events

Keren!!! Kecamatan Kademangan Gelar Lomba Kampung Tematik 2018

07 Juni 2018, 07: 40: 59 WIB | editor : Muhammad Fahmi

kademangan bangkit, lomba kampung tematik

SOSIALISASI: Suasana sosialisasi Kademangan Bangkit Award 2018 di areal kantor Kecamatan Kademangan. (Mukhamad Rosyidi/Radar Bromo)

KADEMANGAN - Kecamatan Kademangan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Salah satunya, dengan menggelar ajang Kademangan Bangkit award 2018. Ajang itu hasil kerja bareng dengan Jawa Pos Radar Bromo.

Rabu (6/6), sosialisasi event pertama di Kademangan itu dilakukan pada 33 RW (rukun warga) se-Kecamatan Kademangan.

Kademangan Bangkit Award 2018 ini menggelar lomba dengan tema; “Lomba Kampung Tematik Antar RW.” Pesertanya adalah seluruh RW di Kecamatan Kademangan. Karena itu, seluruh perwakilan RW hadir dalam sosialisasi itu.

Camat Kademangan Pujo A Satriyo nampak hadir. Hadir pula sebagai dewan juri Darmanto; General Manajer Jawa Pos Radar Bromo HA. Suyuti dan civitas akademika Ismail Panji.

Sosialisasi sendiri digelar di halaman Kantor Kecamatan Kademangan. Seluruh peserta yang hadir sangat antusias mengikuti sosialisasi yang berikan oleh pemateri.

Lomba ini sendiri, merupakan yang pertama di Kota Probolinggo. Sehingga, lomba ini patut diapresiasi dan menjadi rangsangan bagi daerah lain untuk mengikuti jejak Kecamatan Kademangan.

Ismail Panji, perwakilan juri menyambut positif kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan yang diawali oleh Kecamatan Kademangan tersebut bisa memotivasi masyarakat. Baik dari segi kebersihan lingkungan atau dari segi kreativitas.

“Positif sekali, karena untuk motivasi kepada masyarakat. Ini, sejatinya perlu berlomba dari daerah satu dengan yang lain untuk menjadi kampung tematik terbaik,” ujarnya.

Ia menambahkan, lomba kampung tematik tersebut banyak manfaatnya. Salah satunya, untuk mengurangi kemiskinan.

Sebab, dengan kampung tematik ini nanti setiap daerah yang mengikuti akan memiliki ciri khas masing masing. Harapannya, kekhasan itu akan mendatangkan wisatawan.

“Jika wisatawan datang, pasti perekonomian di kampung itu akan berkembang. Dengan begitu, dapat mengurangi kemiskinan serta banyak hal lain. Kalau ini berkelanjutan, ini akan menggairahkan. Sebab, ini merangsang masyarakat untuk berkreasi,” tandasnya.

Camat Kademangan Pujo A Satrio menambahkan, kegiatan ini sebenarnya untuk menumbuhkan dan membenahi lingkungan. Selain itu, juga untuk menggali potensi di tiap RW. Sehingga, nanti bisa menumbuhkan perekonomian mandiri bagi masyarakat yang berada di RW atau di kelurahan tersebut.

“Lomba ini untuk membenahi lingkungan dan menggali potensi. Di Kademangan sendiri kan sudah banyak UKM. Nah, lomba ini juga untuk mendukung agar bisa bersaing dengan yang lain. Saat ini kami juga telah membangun sentra unggulan UKM sebagai penopang,” katanya.

Lebih dari itu, lomba yang baru pertama kali di munculkan ini juga untuk mengubah perilaku hidup bersih masyarakat. Sehingga nanti, mereka akan terbiasa dengan hidup bersih dan sehat.

Apalagi jika banyak wisatawan datang, warga tidak akan lagi hidup dengan cara seadanya. Tetapi, sedikit demi sedikit akan berbenah.

“Di sisi lain juga untuk pemberdayaan masyarakat. Sesuai dengan semboyan Kademangan Bangkit. G-nya itu kan gotong royong. Jadi membangun sebuah daerah jika tidak melibatkan seluruh elemen, tidak akan seratus persen berjalan,” terangnya.

Sosialisasi sendiri, diakhiri dengan penegasan dari camat setempat. Agar warganya bisa mengikuti kegiatan dengan baik. Mereka akan dikumpulkan lagi untuk mengikuti sosialisasi tahap dua pada 2 Juli mendatang.

“Saat sosialisasi tahap ke dua itu, mereka nanti akan datang dengan membawa konsep kampung tematik yang diajukan,” tuturnya.

kademangan bangkit, lomba kampung tematik

SOSIALISASI: GM Jawa Pos Radar Bromo HA Suyuti saat memberikan keterangan terkait Kademangan Bangkit Award 2018. (Mukhamad Rosyidi/Radar Bromo)

(br/mie/sid/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia