Senin, 10 Dec 2018
radarbromo
icon-featured
Bangil

Dewan Soroti Pencemaran Sungai Selorawan, Perlu Ada Investigasi

30 Mei 2018, 13: 05: 59 WIB | editor : Fandi Armanto

limbah

KOTOR: Kondisi sungai Selowaran yang diduga tercemar limbah. (Dok Jawa Pos Radar Bromo)

BEJI–Pencemaran Sungai Selorawan, Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, juga menjadi sorotan dewan. Wakil rakyat mendesak agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersikap atas persoalan ini. 

Desakan itu dilontarkan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan Rusdi Sutejo. Rusdi meminta ada tindakan dari instansi terkait untuk mengatasi persoalan tersebut. 

Investigasi dan penelusuran atas pencemaran sungai tersebut, perlu dilakukan. Sehingga, penyebab pencemaran sungai setempat bisa diketahui. 

Jika memang dipengaruhi pembuangan limbah oleh pabrik, diharapkan bisa diketahui perusahaan apa yang melakukan pembuangan limbah tersebut. 

“Kami meminta supaya DLH Kabupaten Pasuruan melakukan langkah. Untuk menelusuri perusahaan mana yang melakukan pembuangan limbah di sungai setempat,” sampainya. 

Memang tak mudah untuk mengetahui perusahaan mana yang melakukan pencemaran sungai. Mengingat, banyak perusahaan yang berada di jalur sungai setempat. Karenanya, ia berharap DLH bersungguh-sungguh untuk melakukan penelusuran. 

“Kalau memang ditemukan, harus ada sanksi. Supaya memberi efek jera untuk tidak lagi membuang limbah sembarangan,” tandasnya. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, warga Selorawan, Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, dibuat tak nyaman dengan pencemaran sungai setempat. Bau menyengat mengganggu warga. Bukan hanya itu, sungai setempat tak lagi difungsikan. 

Jangankan untuk mandi, untuk mencuci baju pun warga tak berani. Terlebih lagi, air sungai merembes ke sumur-sumur warga. Hal ini, membuat warga gerah dengan kondisi yang sudah berlangsung bertahun-tahun tersebut. 

Pihak DLH Kabupaten Pasuruan sendiri bakal menindaklanjuti keluhan tersebut. Hal itu diungkapkan Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Muchaimin beberapa waktu lalu. Muchaimin meyakinkan, tengah menginstruksikan petugas DLH untuk melakukan penelusuran. 

(br/fun/one/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia