Senin, 10 Dec 2018
radarbromo
icon-featured
Hukum & Kriminal

Guru PNS Jadi Terduga Teroris, Begini Proses Penanganannya di Cabdin

18 Mei 2018, 10: 40: 59 WIB | editor : Muhammad Fahmi

TERANCAM SANKSI: HA yang jadi guru Bahasa Inggris di SMKN 1 Kotaanyar.

TERANCAM SANKSI: HA yang jadi guru Bahasa Inggris di SMKN 1 Kotaanyar. (Arif Mashudi/ Radar Bromo)

PROBOLINGGO-Adanya Guru PNS SMKN 1 Kotaanyar yang diamankan Densus 88 terkait kasus terorisme jadi perhatian Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Kabupaten/ Kota Probolinggo. Sri Yuliasih, kepala cabang dinas (kacabdin) setempat mengaku telah mengetahui kabar itu.

“Sudah mendengar,” ujar Yuli –sapaan akrabnya- saat dikonfirmasi Jawa Pos Radar Bromo. Hal itu pun telah dilaporkan pada Cabang Dinas Pendidikan Menengah (Dikmen) ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. “Kami juga sudah melaporkan ke provinsi terkait penangkapan ini,” imbuhnya. 

Saat disinggung mengenai sanksi, Yuli mengaku tidak bisa secara langsung memberikan sanksi kepada PNS tersebut. “Kami akan melihat terlebih dahulu permasalahannya. Kan ini baru terduga,” ujarnya. 

Yuli mengungkapkan, selama ini tidak ada laporan khusus yang masuk ke cabdin terkait aktivitas guru tersebut. “Semua tugas-tugasnya sebagai tenaga pendidik dilaksanakan dengan bertanggung jawab,” ujarnya.

Kepala SMKN 1 Kotaanyar Sugeng Romadhoni mengatakan, sejak 2009 HA mengajar dengan SK CPNS bulan Maret. Salama itu pula, dirinya tidak merasakan atau melihat hal yang aneh atau mencurigakan. “Sehari-hari biasa. Tidak ada hal-hal yang mencurigakan. Meskipun orangnya agak tertutup,” katanya.

Sejauh ini, dikatakan Sugeng, tidak ada ajakan dari HA pada rekan sejawatnya untuk mengikuti jejak dirinya. Cerita dari para siswa dikatakan Sugeng, sosok HA bagus dalam mengajar. “Penampilannya biasa sama dengan guru lain. Meski, celana cingkrang. Soal kegiatan di luar sekolah, saya tidak tahu,” kata kepala SMKN sejak awal berdiri tahun 2009 lalu.

Kepala SMK mengaku sudah koordinasi dengan Polsek dan Polres. Bahwasannya sekolah tidak tahu soal apa-apa dengan kegiatan HA di luar. Karena selama di sekolah semua baik-baik saja. 

(br/put/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia