Rabu, 14 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Suami Punya Kebiasaan Minggat saat Bertengkar

Rabu, 04 Apr 2018 13:15 | editor : Fandi Armanto

ono-ono ae, suami, istri, tole, minthul, cerai, talak, rumah tangga

ILUSTRASI (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

KEINGINAN Minthul (nama samaran), 24, agar suaminya, Tole (juga nama samaran), 26, bersikap dewasa, ternyata bertepuk sebelah tangan. Sang suami tidak memiliki sikap layaknya seorang lelaki, gentle. Tole kerap kali lari dari masalah. Jika ada persoalan, Tole memilih minggat daripada menyelesaikan masalah tersebut.

Hal itulah yang membuat Minthul tak lagi percaya jika sang suami mampu menjadi imam yang baik. Warga Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, itu heran dengan sifat sang suami. “Ya gimana, tiap mau ngomong serius kalau ada masalah, dia marah dan selalu pergi dari rumah,” terangnya.

Padahal, pasangan suami-istri (pasutri) ini sudah menjalin hubungan rumah tangga sejak 3 tahun terakhir. Dari pernikahan itu, keduanya sudah dikaruniai seorang anak. Minthul menduga, sang suami selalu lari dari masalah saat kondisi ekonomi mereka memburuk.

Sebelumnya mereka berdua sama-sama bekerja sebagai buruh pabrik. Namun setelah menikah, Minthul memilih berhenti kerja dan menjadi ibu rumah tangga. Kondisi tersebut awalnya ditentang oleh Tole. Maklum, Tole merasa berat jika hanya mengandalkan dari gajinya saja.

Hingga akhirnya, Tole pun merelakan istrinya untuk resign. Setelah menikah, mereka memang tinggal di rumah orang tua Minthul. Keputusan itu diambil agar ada yang membantu Minthul saat melahirkan anak pertama.

“Karena saya tidak bekerja, ya harus hemat. Tapi, setelah anak lahir, baru kerasa kurang terus,” terangnya. Kondisi ekonomi itulah, yang membuat mereka sering bertengkar. Apalagi saat kebutuhan untuk bayi belum mencukupi, maka dipastikan saat itu muncul riak-riak rumah tangga.

Nah, kalau sudah begitu, Tole biasanya minggat dari rumah. “Biasanya 1-2 hari baru pulang. Bahkan, pernah 3 hari gak pulang. Tapi saya biarkan. Karena saya juga sebal liat dia,” terangnya. Sampai 3 tahun menikah, kondisi ekonomi tak juga pulih. Akibatnya, pertengkaran masalah uang memang rutin terjadi.

Karena geregetan dengan ulah Tole yang selalu lari dari masalah, Minthul langsung melarang suaminya untuk kembali lagi ke rumah. “Ya jengkel lah, daripada gitu, mending mandiri saja, saya mau cari kerja sendiri. Ada suami malah selalu bikin pusing,” gerutunya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia