Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

PPL Panwaslu Dikontrak Ulang untuk Pilpres 2019

Selasa, 27 Mar 2018 10:15 | editor : Fandi Armanto

bawaslu, panwaslu, panwaslih, pemilu, pilkada, pengawas pemilu

ILUSTRASI (Dok. JawaPos.Com)

PURWOREJO - Kontrak Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk Pilkada 2018 di tiap desa hanya dilakukan sampai Juli. Setelah itu, Panwaslih melalui Panwascam akan menilai kinerja PPL. Selanjutnya, mereka kembali dikontrak untuk Pilpres 2019.

Aryunani, Komisioner Panwaslih Kabupaten Pasuruan Koordinator Divisi SDM menjelaskan, kontrak PPL hanya enam bulan saja. yaitu, sejak dilantik pada 17 Januari 2018.

“Mereka bekerja sampai sebulan setelah pencoblosan, atau sampai pertengahan Juli,” jelasnya.

PPL yang dikontrak sebanyak 365 sesuai dengan jumlah Desa dan Kelurahan di Kabupaten Pasuruan. PPL ini akan memantau pengawas TPS di 2.380 TPS.

Yuyun, panggilannya mengatakan, karena hanya dikontrak 6 bulan, nantinya kinerja PPL juga akan dinilai oleh Panwascam. “Kalau kinerja baik, maka kemungkinan besar akan dikontrak kembali untuk pilpres,” terangnya.

Untuk Pilpres sendiri, yang akan dikontrak ulang sebanyak 365 PPL. Nantinya PPL diperkirakan akan dikontrak lagi selama 6 bulan dengan periode 5 bulan sebelum pencoblosan Pilpres pada 17 April 2019 dan satu bulan sebelumnya.

PPL sendiri bertugas memantau pengawasan pemilu di tiap Desa dan sebagai kepanjangan tangan dari Panwascam. Sedangkan Pengawas TPS ada 2.380 orang dan hanya dikontrak 23 hari sebelum pencoblosan dan 7 hari setelahnya. Untuk Pengawas TPS atas rekomendasi dari PPL untuk memantau jalannya pencoblosan hari H.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia