Senin, 19 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Pencairan PKH Tahap ke Empat Lebih Sedikit, Ini Sebabnya

Senin, 06 Nov 2017 11:30 | editor : Muhammad Fahmi

antrian pkh, kecamatan kraton, pencairan pkh

TAHAP TERAKHIR: Proses pencairan PKH di Kecamatan Kraton beberapa waktu lalu. (Erri Kartika/Jawa Pos Radar Bromo)

PANGGUNGREJO - Per Awal November ini, pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pasuruan sudah memasuki tahap akhir. Sebanyak 43.537 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan bisa mencairkan dana tahap ke IV.

Khusus untuk pencairan tahap ke empat ini, nominalnya memang lebih rendah ketimbang tahap I-III. Bila tahap I-III, nominalnya mencapai Rp 500 ribu, di tahap keempat ini hanya sebesar Rp 389 ribu per KPM-nya.

Gunawan, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan mengatakan, targetnya, semua KPM sudah mendapatkan pencairan sampai akhir November ini. “Besaran dana yang cair sebesar Rp 389 ribu langsung ke rekening masing-masing KPM,” ungkapnya.

Dikatakannya, di tahap ke empat ini, besaran dana memang lebih kecil. Ini sesuai dengan kuota dana PKH setahun yang mencapai Rp 1,890 juta per KPM. Sehingga dari besaran tersebut, dibagi untuk tahap I – III sebesar Rp 500 ribu, dan sisanya di tahap IV, hanya Rp 390 ribu.

Kendati begitu, Gunawan mengatakan bahwa besaran dana PKH untuk KPM tahun ini jauh lebih besar dan disama ratakan dibandingkan tahun sebelumnya. “Kalau tahun sebelumnya, Setiap keluarga berbeda-beda tergantung jumlah anak ataupun lansia dan disabilitas. Namun rata-rata mendapatkan antara minimal Rp 112.500 hingga Rp 450 ribu per triwulannya,”

Nah, di 2017 ini, Kementerian Sosial memilih menyamaratakan besaran dana PKH sehingga setiap KPM. Semua mendapatkan Rp 1,890 juta per tahunnya.

(br/eka/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia