Senin, 19 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

Material SIM Habis, Sementara Pemohon Diberi Surat Keterangan

Kamis, 14 Sep 2017 00:50 | editor : Fandi Armanto

LATIHAN: Pemohon SIM mengikuti ujian praktik di Polres Pasuruan.

LATIHAN: Pemohon SIM mengikuti ujian praktik di Polres Pasuruan. (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

BANGIL - Para pemohon Surat Izin Pengemudi (SIM), siap-siap untuk hanya memperoleh surat keterangan. Pasalnya, material SIM yang ada di Satlantas Polres Pasuruan, telah habis.

Habisnya material SIM tersebut, berlangsung per Rabu (13/9). Pasalnya, jatah material SIM di Satlantas Polres Pasuruan, hanya cukup untuk memenuhi permohonan SIM, Selasa (12/9) lalu.

Hal ini diungkapkan Kepala Baur SIM Satlantas Polres Pasuruan, Aiptu Harnadi. Ia menjelaskan, kalau stok material SIM yang tersedia di Polres Pasuruan hanya cukup untuk memenuhi permohonan Selasa (12/9). Artinya, per Rabu (13/9), stok material SIM yang ada di Satlantas Polres Pasuruan telah habis.

Ludesnya stok material SIM itu, dipengaruhi pengiriman dari Korlantas Polri. Hal tersebut tak lepas dari proses pengadaan yang tengah berlangsung. Bukan hanya di Polres Pasuruan. Kondisi serupa, juga terjadi di daerah lain.

“Habisnya memang menyeluruh. Hal itu terjadi, karena proses pengadaan di pusat. Sekarang, kami masih menunggu rampungnya pengadaan dan kiriman dari pusat,” ungkap Harnadi saat mendampingi Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Mellysa.

Kendati begitu, pihaknya berharap masyarakat tidak perlu cemas. Sebab, meski stok material habis, bukan berarti layanan permohonan SIM dihentikan. Sebab, permohonan perpanjangan ataupun SIM baru tetap akan dilayani.

Hanya memang, kata Harnadi, SIM yang didapatkan tidak seperti umumnya. Karena, SIM yang dikeluarkan, berupa Surat Keterangan Pengganti SIM. “Kami memohon maaf atas ketidak nyamanan ini. Pelayanan pengurusan SIM tetap kami berikan. Sebagai penggantinya, kami terbitkan Surat Keterangan Tanda Bukti SIM Sementara. Fungsinya, sama dengan SIM,” tambahnya.

BAKAL DIGANTI SURAT: Pemohon mengisi administrasi sebelum mengurus SIM di Polres Pasuruan.

BAKAL DIGANTI SURAT: Pemohon mengisi administrasi sebelum mengurus SIM di Polres Pasuruan. (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

(br/one/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia